5 Tempat Wisata Alam di Jogja Paling Eksotis yang Tak Terlupakan

Tabloidwisata.com – Siapa sih yang tak penasaran dengan destinasi tempat wisata alam di Jogja? Memang tak dapat dipungkiri jika Yogyakarta termasuk kota tempat wisata favorit untuk para wisatawan disamping kota Bandung dan Bali. Hal ini dibuktikan dengan tetiap liburan ataupun akhir pekan, Jogja selalu dipadati para traveler atau wisatawan diberbagai kalangan usia mulai dari usia anak-anak hingga usia dewasa. Adapun alasannya memang cukup simple, sebab kota Jogja sendiri merupakan kota yang nyaman, tenang dan menarik untuk liburan.

5 Tempat Wisata Alam di Jogja Paling Eksotis yang Tak Terlupakan

Pilihan Tempat Wisata Alam di Jogja Paling Eksotis

Tak hanya itu saja, tranportasi dan akomodasi di kota Jogja sangat lengkap. Belum lagi biaya wisata ke kota ini juga tergolong lebih murah jadi sangat terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Kota Jogja tak hanya menawarkan wisata edukasi ataupun wisata bersejarah saja, melainkan juga menawarkan destinasi wisata alam yang eksotis dan menakjubkan yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Adapun beberapa tempat wisata alam di Jogja paling menawan adalah sebagai berikut!

1. Puncak Kosakora
Salah satu destinasi wisata alam paling menakjubkan yang tentunya memberikan kesan yang mendalam dan tak terlupakan adalah wisata di Puncak Kosakora. Kosakora adalah puncak bukit dengan view yang begitu menawan dan indah. Dari puncak inilah, Anda bisa menikmati pemandangan pantai, perbukitan, sunset maupun sunrise langsung dari atas puncak. Untuk memasuki kawasan wisata Puncak Kosakora ini Anda hanya perlu merogoh kocek Rp.2000 saja tiap orang. Tentunya sangat terjangkau demi bisa menikmati pesona wisata keindahan alam yang begitu menakjubkan.

Lihat Peta Puncak Kosakora di Google Map.

2. Kebun Buah Mangunan
Wisata alam selanjutnya di kota Jogja adalah Kebun Buah Mangunan. Dimana tempat wisata ini merupakan salah satu wisata yang sedang naik daun karena menyajikan panorama alam yang indah dari Sungai Oya dan dapat dilihat dari ketinggiian. Bagi Anda yang penasaran ingin mengunjungi Kebun Buah Mangunan ini, bisa berkunjung ke Kecamatan Dlingo di Kabupaten Bantul. Adapun lokasinya berada di 15 km dari ibu kota Bantul, atau sekitar 35 km dari jantung kota Yogyakarta. Disamping itu, Anda juga akan disuguhkan tempat rekreasi untuk mengelilingi kebun buah serta melihat adanya pembibitan sapi. Untuk fasilitas sendiri, tempat wisata ini menyediakan gedung pertemuan, penginapan, kolam renang hingga kantor manajemen.

Lihat Peta Kebun Buah Mangunan di Google Map.

3. Punthuk Setumbu
Punthuk Setumbu menawarkan kemegahan wisata bukit yang tentunya membuat Anda semakin terpana. Puthuk Setumbu ini terletak di Desa Karangejo, yakni sekitar 4 km saja berkendara menuju arah barat jika dari arah Candi Borobudur. Agar bisa sampai menuju bagian atas bukit, maka Anda harus melakukan perjalanan dengan mendaki area jalanan setapak selama 30 menit lamanya. Di tempat wisata ini juga tersedia toilet, warung kopi beserta gazebo. Adapun tarif memasuki kawasan wisata ini sekitar Rp. 15.000 saja untuk menikmati panorama alam yang menakjubkan disana.

Lihat Peta Punthuk Setumbu di Google Map.

5 Tempat Wisata Alam di Jogja Paling Eksotis yang Tak Terlupakan  5 Tempat Wisata Alam di Jogja Paling Eksotis yang Tak Terlupakan

4. Kalibiru
Panorama alam menakjubkan yang bisa Anda singgahi di kota Jogja selanjutnya adalah di tempat wisata Kalibiru. Kalibiru tepatnya berada di bukit Menoreh, Kulonprogo, di sebelah barat kota Yogyakarta. Tempat wisata ini terkenal akan pemandangannya yang bisa kita saksikan dari ketinggian. Anda bisa menikmati pemandangan dari Waduk Sermo sampai Flying Fox tepat di bagian atas bukit.

Lihat Peta Kalibiru di Google Map.

5. Gumuk Pasir
Tempat wisata alam yang tak kalah menariknya di kota Jogja adalah wisata alam Gemuk Pasir tepatnya di Parangkusumo, Bantul. Penamaan kata Gumuk sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah tumpukan atau gundukan. Dimana gundukan pasir di Parangkusumo tersebut mempunyai karakteristik seperti halnya gurun pasir yang ada di Meksiko. Jika Anda ingin pergi ke tempat wisata alam di Jogja ini bisa maka bisa berkunjung ke Desa Parangtritis sekitar 30 km atau dengan waktu tempuh 40 menit dari jantung kota Yogyakarta dengan berkendara.

Lihat Peta Kalibiru di Google Map.

Leave a Reply