Danau Ranu Kumbolo, Tempat Transit Para Pendaki Gunung Semeru

Tabloidwisata.com – Objek wisata yang paling terkenal yang terletak di daerah Jawa Timur yaitu danau ranu kumbolo semeru, yang merupakan objek wisata alam bagi mereka yang sangat menyukai keindahan serta panorama alam yang masih asli dan alami. Wisata ini juga dianggap menarik karena merupakan wisata yang berada di jalur pendakian menuju gunung Semeru dan merupakan salah satu areal yang termasuk ke dalam taman nasional tengger semeru.

Kondisi alam di destinasi wisata ini masih lengkap dengan udaranya yang segar. Sehingga bagi mereka yang ingin keluar dari penat dan hiruk pikuk perkotaan, tempat ini merupakan wisata yang sangat cocok untuk didatangi. Sehingga hingga saat ini, danau ranu kumbolo menjadi destinasi populer yang selalu dipilih meskipun memiliki letak lokasi yang sebenarnya sulit untuk dijangkau. Akan tetapi, khususnya bagi para anak muda, danau ini selalu menjadi bagian dari petualangan mereka untuk singgah dan menikmati keindahan alam yang asri.

Danau Ranu Kumbolo

Kelebihan dari danau ranu kumbolo

Meskipun daerah wisata ini bukanlah ikon resmi pariwisata yang ada di Jawa Timur karena kota Batu di Malang masih menjadi destinasi utama bagi para pengunjung. Selain itu, gunung bromo juga masih merupakan tempat menarik yang tidak pernah sepi oleh para pengunjung. Akan tetapi danau ranu kumbolo juga memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya. Meskipun sangat sulit untuk menjangkau lokasi ini, akan tetapi bagi para pengunjung yang menyukai tantangan dan juga tempat yang tidak terlalu ramai akan serasi untuk menikmati keindahan alam di danau ranu kumbolo ini.

Baca juga: Wisata Di Bromo

Meskipun begitu, cerita-cerita mistis dan juga penuh misteri selalu meliputi danau ranu kumbolo ini. Walaupun begitu, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung khususnya di kalangan para pedaki yang akan menuju jalur pendakian ke gunung Semeru.

Danau Ranu Kumbolo Semeru

Sehingga tak heran, paket-paket wisata yang berkaitan dengan danau ranu kumbolo juga memiliki sasaran untuk kalangan anak muda. Terutama bagi para pecinta alam atau para pendaki. Selain menantang, kegiatan mendaki ini juga menjadi hal yang populer bagi para anak muda. Meksipun begitu, tanpa melakukan pendakian ke gunung Semeru pun, menikmati danau ranu kumbolo juga tidak ada salahnya.

Keindahan lainnya saat sedang berada di kawasan danau ranu kumbolo yaitu di pagi hari saat matahari terbit di antara dua bukit yang hijau akan membuat mata para pengunjung atau wisatawan tidak bisa lepas untuk menikmati keindahannya. Adapun di sore hari, kabut biasanya turun dengan paduan air danau yang mungkin akan membuat para wisatawan sulit untuk mengucapkannya dalam kata-kata saat menikmatinya. Sedang saat malam hari tiba, gugusan bintang yang terlihat sangat jelas akan membuat mereka yang menikmatinya lupa untuk memejamkan mata karena keindahan panorama langit malam yang tiada tara di kawasan danau ranu kumbolo semeru.

Lihat Peta Danau Ranu Kumbolo di Google Map.

Leave a Reply