Indahnya Air Terjun Madakaripura

Tabloidwisata.com – Salah satu air terjun yang berada di Jawa Timur, tepatnya di dusun Branggah, wilayah desa Negororejo, masuk di kecamatan Lumbang, wilayah kabupaten Probolinggo, Jawa Timur bernama air terjun Madakaripura. Air terjun ini terletak tak jauh dari pusat kota Probolinggo yang berada pada jalur Surabaya dan Bromo. dengan tinggi kurang lebih dua ratus meter, air terjun ini memiliki mitos atau sebuah cerita yang membuat para wisatawan juga akan selalu terpana dibuatnya saat mengunjungi tempat ini. Salah satunya yaitu, konon jika tempat ini dulunya merupakan sebuah tempat peristirahatan terakhir dari mahapatih yang terkenal akan sumpah palapa-nya, yaitu Gajah Mada dari Majapahit.

Wisata Air Terjun Madakaripura

Menikmati keindahan alam dari air terjun Madakaripura

Keindahan dari destinasi wisata ini juga tidak akan bisa dipungkiri. Dengan panorama alamnya yang berada terletak di dalam pegunungan, membuat air terjun ini selalu asri dan juga natural atau alami. Hal ini akan terlihat oleh para pengunjung, bahkan dimulai dari awal perjalanan menuju destinasi wisata ini.

Pemandangan luar biasa akan ditemukan sepanjang perjalanan karena alam pegunungan yang lembap dan juga dingin. Hal ini juga didukung oleh hijaunya pepohonan yang khas dan juga aroma pegunungan yang juga khas. Adapun pemandangan lainnya yaitu gundukan perbukitan dengan lembah yang seperti tidak akan ada habisnya.

Air Terjun Madakaripura

Sejuta misteri dari air terjun Madakaripura

Dikatakan jika destinasi wisata ini memiliki sejuta misteri dengan aura mistis yang akan terasa bahkan saat para pengunjung mulai memasuki kawasan wisata tersebut. Bagi sebagian orang atau para pengunjung yang datang mungkin saja akan merasa memiliki bulu kuduk yang merinding. Akan tetapi, tetap saja jika diawali dengan niat yang baik, maka tidak akan pernah terjadi sesuatu hal yang tidak di inginkan.

Karena bagaimanapun, air terjun ini memiliki ciri khas dengan keindahan yang tiada duanya. Selain itu, air terjun ini juga sebenarnya merupakan bagian kawasan Taman Nasional Bromo yang merupakan sebuah destinasi pegunungan dengan ketinggian yang mencapai hingga dua ratus meter. Air terjun Madakaripura juga merupakan air terjun yang paling tinggi sehingga menempati posisi air terjun tertinggi yang ada di Indonesia.

Madakaripura memiliki bentuk yang menyerupai sebuah ceruk dengan bukit-bukit yang mengelilinginya. Seperti halnya gerimis, tetesan air seringkali datang dari seluruh bidang tebing. Dan beberapa lagi di antaranya bahkan mengucur deras seperti halnya air terjun lagi. Indahnya lagi, jika cuaca sedang cerah, maka cahaya matahari akan masuk ke kawasan tersebut sehingga tak jarang para wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan pelangi yang indah. Melakukan wisata ke air terjun Madakaripura tentunya akan menjadi kenangan tersendiri dan semakin membuat penasaran para wisatawan.

Lihat Peta Air Terjun Madakaripura di Google Map.

Leave a Reply