Kawah Putih, Kawah Unik Nan Romantis

Tabloidwisata.comKawah Putih Bandung adalah sebuah kawah yang dihasilkan dari letusan Gunung Patuha. Nama Kawah Putih merujuk pada tanah yang notabene berwarna putih. Warna putih tanah tersebut disebabkan oleh beberapa unsur yang bercampur dengan belerang. Yang unik dari kawah ini adalah air yang dimilikinya, dimana air di dalam kawah tidaklah berwarna bening melainkan berwarna putih kehijauan. Salah satu tempat wisata di bandung itu airnya dapat berubah ubah sesuai dengan kadar belerang, suhu, dan cuaca yang terjadi pada saat itu.

Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih

Kawah Putih Bandung terletak di dataran tinggi kawasan pegunungan yang berada kurang lebih 2.400 dpml. Karena berada di dataran yang tinggi inilah membuat suhu di kawah putih Bandung sangat dingin. Rata rata suhu di kawasan tersebut adalah 8 hingga 22 derajat celcius.

*Tips: Gunakan Jaket yang tebal apabila ingin berkunjung ke tempat ini, karena udara nya sangat dingin.

Pesona Kawah Putih Ciwidey Bandung

Karena keindahan dan keromantisan nya yang sangat mempesona, kawah ini kerap dijadikan background fotografi, film, melukis, dan juga pre wedding. Salah satu contoh film yang menjadikan kawah putih sebagai latar belakang adalah film “Heart” yang diperankan oleh Irwansyah, Acha Septriasa, dan Nirina Zubir.

Kawah Putih Bandung Romantis

Kawah Putih yang Romantis

Tidak hanya sebagai ajang keromantisan, namun Kawah putih Bandung juga dijadikan ajang aktivitas menantang lainnya seperti hiking dan berkuda.

Fasilitas di Kawah Putih Bandung

Fasilitas ini disediakan agar setiap pengunjung yang datang merasa nyaman dan dapat menikmati keindahan panorama Kawah. Fasilitas yang ada sangatlah memadai, diantaranya yaitu;

  • Pusat Informasi
  • Musholla
  • Warung makan dan Restaurant
  • Toilet
  • Transportasi dari gerbang menuju lokasi
  • Area Parkir yang cukup luas

Jika anda berencana ingin berlibur ke Kawah Putih Bandung, ada baiknya mengetahui dahulu keperluan akomodasi dan juga transportasi yang digunakan, seperti Penginapan, Tiket masuk, Jenis angkutan umum, Lokasi dan lain lain. Dan dibawah ini sudah ada informasi lengkap mengenai keperluan yang harus di pertimbangkan sebelum berangkat, sehingga anda tahu berapa uang saku yang harus dipersiapkan.

Penginapan Kawah Putih Bandung

Untuk anda yang berencana ingin menghabiskan lebih banyak waktu dan menginap, anda tidak perlu khawatir karena di sekitar lokasi banyak sekali penginapan yang juga menyediakan fasilitas akomodasi yang dapat anda sewa.  Beberapa penginapan yang dapat anda gunakan yaitu:

~ Cimanggu Cottage Ciwidey : Jalan Raya Ciwidey Km.13, Ciwidey

~ Saung Gawir: Jalan Raya Ciwidey Rancabali Km.05

~ Villa Patengan: Jalan Raya Ciwidey, Rancanbali, Patengan

Dan banyak lagi penginapan yang lain. Untuk lebih lengkapnya tentang penginapan dan detail fasilitas yang diberikan silahkan baca disini.

Tiket masuk Kawah Putih Bandung

*Harga Tiket Masuk Kawah Putih Bandung: Rp. 17.000 (Domestik) dan Rp.50.000 (Turis asing)

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir. Dan tarif parkir tiap tiap kendaraan berbeda beda. Berikut ini tarif parkir di Kawah Putih:

Subjek Harga
Parkir Atas (Mobil) Rp. 150.000
Parkir Atas (Motor) Rp. 35.000
Parkir Bawah (Mobil) Rp. 6.000
Parkir Bawah (Motor) Rp. 5.000
Parkir Bawah Bus Rp. 25.000
Naik ontang anting Rp. 13.000

Keterangan: Ada dua jenis tempat parkir yang disediakan, yaitu tempat parkir bawah dan atas. Tempat parkir bawah lebih murah karena anda memarkirnya di pintu masuk gerbang dan tidak membawanya ke atas (ke lokasi kawah), kemudian anda dapat naik ontang anting untuk bisa sampai ke atas. Sedangkan apabila anda ingin memarkir kendaraan diatas (di lokasi kawah), maka tarif nya pun akan lebih mahal, seperti yang tertera pada tabel diatas.

Note: Semua harga diatas dapat berubah sewaktu waktu.

Jam Buka Kawah Putih Bandung

Banyak sahabat tabloid wisata yang bertanya, “Kawah Putih Bandung buka jam berapa?”. Baik, kawah putih buka mulai pukul 07.00 pagi hingga 17.00 sore.

Lokasi / Alamat Kawah Putih Bandung

Kawah Putih terletak di Cidiwey, Jawa barat tepatnya di jalan Soreang Ciwidey sekitar 50 km selatan kota Bandung. Lokasi Kawah Putih juga tidak jauh dari Situ Patenggang. Rute yang ditempuh untuk sampai ke lokasi juga lumayan mudah, karena banyak sekali transportasi umum yang siap mengantarkan hingga ke depan pintu gerbang Kawah Putih.

Rute Menuju Kawah Putih Bandung

Sebenarnya banyak sekali rute yang bisa ditempuh untuk sampai ke Kawah Putih Bandung, namun disini hanya akan dijelaskan rute apabila berangkat dari Jakarta.

Rute menggunakan kendaraan pribadi:

Jakarta => Tol Cipularang => Pintu Tol Kopo => Soreang => Ciwidey => Kawah Putih

Rute menggunakan transportasi umum:

Terminal Leuwi Panjang => Terminal Ciwidey => Situ Patenggang => Kawah Putih Bandung

Lihat Lokasi Kawah Putih Bandung di Google Map

Leave a Reply