Menikmati Keindahan Pantai Indrayanti

Tabloidwisata.com – Salah satu pantai di yogyakarta yang patut anda kunjungi adalah pantai indrayanti Yogyakarta di kabupaten gunung. Pantai ini lumayan dikenal oleh masyarakat lokal maupun kalangan wisatawan dikarenakan oleh keindahan dan romantisme yang muncul di pantai ini.

Pantai indrayanti ini terletak di dusun ngasem, desa tepus. Gunung kidul ini berdekatan juga dengan destinasi populer lainnya di yogya seperti pantai baron dan pantai krakal, nama pantai ini terdengar sedikit aneh, karena namanya sangat mirip nama wanita jawa.

Pantai Indrayanti di Yogyakarta

Sesuatu yang membuat pantai ini menjadi terkenal indah yaitu dikarenakan oleh bentangan pasir putih dan laut yang terlihat biru bersih membuat mata anda dimanjakan oleh indahnya pantai ini, pantai yang terletak tepat di sisi timur pantai sundak ini dibatasi oleh perbukitan karang sehingga pantai indrayanti ini menawarkan panorama yang unik dibandingkan pantai-pantai lain di gunung kidul karena, indahnya tempat ini seolah olah mengajak para wisatawan untuk berenang dan bersantai di tempat ini.

Keadaan alami dan bersih di pantai indrayanti gunungkidul

Selain keindahannya, air laut di pantai indrayanti ini memang bersih, jernih, dan belum terkontaminasi oleh aneka limbah. Banyak para penikmat perjalanan sangat menyukai berenang dan bermain di pantai ini karena kealamian dan kebersihan pantai indrayanti tersebut.

Pantai Indrayanti Gunung Kidul Yogyakarta

Sekilas mengenai sebutan “Indrayanti”

Pantai ini disebut dengan Indrayanti dimulai karena adanya sebuah papan di depan restoran yang disebut dengan indrayanti. Sehingga pantai tersebut pun menjadi lebih dikenal dengan sebutan pantai indrayanti. Nama ini juga bukan nama awal dari pantai yang telah menjadi tujuan destinasi di Yogyakarta ini.

Sebenarnya nama asli dari pantai indrayanti ini adalah pulang syawal, tetapi, nama indrayanti sudah terlanjur familiar di telinga masyarakat lokal maupun para wisatawan. Pemberian nama ini pernah mengundang kontroversi di pemerintah gunung kidul, tetapi pada akhirnya, pantai di Yogya yang terkenal akan kebersihan alamnya ini disebut pantai indrayanti

Pengelolaan yang dilakukan oleh para pihak swasta cukup membawa dampak positif. Peran aktifnya dapat dilihat dari keseluruhan kawasan pantai indrayanti yang sangat terjaga kebersihannya serta mereka turut ambil bagian dalam membersihkan sampah di sepanjang garis pantai. Selain itu pihak pengelola pantai tak segan untuk menjatuhi hukuman dan denda kepada siapa saja para pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Inilah kenapa pantai indrayanti selalu terjaga kondisi alamnya dikarenakan manajemen yang baik oleh pihak pengelola.

Kenyamanan dan kebersihan merupakan aspek penting dalam menjaga lingkungan wisata. Karena selain menarik banyak minat wisatawan, menjaga kebersihan dapat membuat lingkungan hidup menjadi lebih indah. Hal itu patut diteladani oleh kawasan pariwisata lain yang tersebar di seluruh indonesia, itu juga diperlukan dukungan para wisatawan agar lingkungan hidup kita tidak kotor dan bersih sehat, khususnya di pantai indrayanti Yogyakarta.

Lihat Peta Pantai Indrayanti di Google Map.

Leave a Reply