Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”

Tabloidwisata.com – Pantai Pulau Merah Banyuwangi, Pantai “Kuta” bukanlah satu satunya pantai yang diminati turis mancanegara , Saat ini Pantai Pulau Merah Banyuwangi menjadi sasaran destinasi wisata favorit kedua bagi para wisatawan domestik maupun asing. Hal ini tidak lain dikarenakan kebersihan dan keindahan pesona pantai yang disuguhkan dan juga ombak yang bisa digunakan untuk surfing.

Banyuwangi memang sangat kaya akan pantai, dan hal inilah yang menjadikan Banyuwangi lebih dikenal di dunia. Hampir setengah wilayah Banyuwangi dikelilingi Pantai, dan salah satu pantai yang kian di lirik oleh para wisatawan adalah Pantai Pulau Merah, sebuah Pantai yang berlokasi di ujung selatan Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”

Pantai pulau merah ini memiliki pasir putih yang terhampar luas sepanjang 3 KM. Dimana tidak jauh dari bibir pantai tersebut Terdapat bukit kecil yang sangat cantik setinggi 200 M. Di bagian timur, wisatawan disuguhi dengan pemandangan pegunungan. Sedangkan di bagian barat, wisatawan disuguhi dengan pemandangan sunset yang sangat indah.

Selain pemandangan menawan yang dimiliki nya, pantai Pulau Merah memiliki ombak yang sangat bagus setinggi 2 meter dengan panjang kurang lebih 300 meter yang dikelilingi oleh pohon mangrove.

Keamanan berwisata di Pantai pulau merah sangat diutamakan. Terdapat petugas yang menjaga sekaligus mengamankan apabila ada kecelakaan atau sesuatu yang tidak di inginkan, terutama kepada mereka yang melakukan renang di Pantai. Terdapat tower setinggi 5 meter yang digunakan oleh petugas ini untuk memantau dan memastikan keamanan keadaan di sekitarnya.

Aktifitas Menarik di Pantai Pulau Merah

Surfing

Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”

Daya tarik Pantai Pulau Merah adalah karena ombak yang dimiliki nya. Dan hal ini menjadi kesempatan yang baik bagi mereka yang hobi berselancar. Pantai ini selalu dipenuhi oleh Surfer Mancanegara setiap harinya. Bahkan banyak dari mereka memilih untuk menginap selama berhari-hari dan beberapa ada yang sampai berminggu-minggu.

Hingga saat ini, pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah mengadakan event surfing rutin setiap tahunnya. Dan event tersebut melibatkan peserta dari 20 negara diseluruh dunia.

Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”

SEWA PAPAN SELANCAR SANGAT MURAH LHO, HANYA DENGAN 50rb ANDA SUDAH DAPAT BERSELANCAR RIA


Memancing

Untuk mereka yang mempunyai hobi memancing, dapat memanfaatkan jasa perahu tradisional untuk memancing di tengah laut. Hal ini tentu sangat menyenangkan, karena selain mendapatkan ikan, wisatawan juga akan dapat menikmati hembusan sejuk air laut.

Snorkeling

Aktivitas eksklusif lainnya adalah snorkeling. Di lokasi pantai Pulau Merah terdapat pihak yang menyewakan perlengkapan untuk snorkeling. Dan satu hal yang menarik adalah, harga sewa nya tidak semahal tempat sewa pada umumnya.

Mendaki Bukit

Ketika laut sedang surut, anda dapat berjalan ke tengah laut untuk menaiki Bukit yang berada tidak jauh dari bibir pantai. Melalui bukit tersebut anda dapat menyaksikan keindahan laut lepas dan juga pemandangan eksotis yang mengelilingi pantai Pulau Merah.

Mandi di laut

Selain hanya sekedar “cuci mata”, hal lain yang juga menarik untuk dilakukan adalah bermain main dengan gulungan ombak. Melalui ombak setinggi 2 meter ini anda dapat ber-historia bersama kerabat atau keluarga anda. Pada saat saat tertentu memang tidak diperbolehkan untuk mandi di Pantai. Hal ini dilakukan ketika kondisi Pantai tidak memungkinkan atau ketika cuaca sedang buruk.

Bermain Pasir

Hal yang hampir selalu dilakukan ketika berkunjung ke sebuah pantai adalah bermain pasir. Pulau Merah mempunyai pasir yang sangat lembut, hal ini menjadi kelebihan tersendiri bagi mereka yang ingin bermain main dengan Pasir.

Menikmati jajanan Khas Setempat

Setelah lelah bermain main atau berselancar, penjaja makanan dan minuman akan siap melayani makanan dan minuman. Di dalam lokasi pantai terdapat banyak kios yang menjual berbagai macam konsumsi. Mulai dari makanan ringan, minuman, hingga masakan berjenis kuliner.

Asal Usul Nama “Pulau Merah”

Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”

Pantai Pulau Merah sebelumnya dikenal dengan Pantai Ringin Pintu oleh masyarakat setempat. Nama Pulau Merah sendiri merujuk pada bukit kecil ditengah laut (tidak jauh dari pantai) yang memiliki tanah berwarna merah. Namun pulau tersebut tidak terlihat merah karena adanya pohon yang menyelimuti nya. Selain warna merah tanah bukit kecil tersebut, pantai ini memang terlihat sangat merah ketika sore hari, dan warna kemerah-merahan tersebut disebabkan oleh pasir basah yang terkena sinar matahari yang hendak tenggelam, terutama pada saat kemarau.

Kisah Mistis Pantai Pulau Merah

Banyak sekali kisah mistis yang beredar terkait dengan Pantai Pulau Merah ini. Berikut ini kisah kisah mistis yang konon pernah dialami oleh penduduk setempat;

  • Adanya kilatan cahaya merah yang melintas di pantai tersebut, sehingga ada yang mengatakan hal tersebutlah yang menjadi latarbelakang nama Pantai ini sehingga bernama Pulau Merah.
  • Ada sebuah Pura yang tidak tidak hancur ketika dilanda bencana Tsunami setinggi 13 meter pada tahun 1990.

Pantai Pulau Merah atau Pantai Plengkung “G-Land”?

Sebelum Pantai Pulau Merah Terkenal, Pantai Pelengkung atau yang lebih dikenal dengan “G Land” lah yang dijadikan prioritas wisata bagi masyarakat Banyuwangi. Tidak seperti Pelengkung, Pantai Pulau Merah tidak terdapat banyak batu karang, sebaliknya pantai ini memiliki pasir yang lembut yang membuat wisatawan betah untuk bermain main. Ditambah lagi, terdapat bukit kecil yang cantik setinggi 200 meter yang berada ditengah tengah laut.

Bagaimana dengan kondisi ombak untuk Berselancar?

Memang ombak yang dihasilkan oleh pantai Pulau Merah tidak setinggi G-Land. Akan tetapi hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka yang masih pemula dan tahap belajar berselancar. Dengan ketinggian rata rata ombak 2M, lebih tidak membahayakan untuk mereka yang belum professional. Namun apabila sudah professional, memang G-Land sangat direkomendasikan.

Melihat lihat disekeliling Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”

Tidak jauh dari Pantai Pulau Merah terdapat sebuah Pura, yaitu Pura Tawang Alun. Pura ini dibangun pada tahun 1980-an. Selain digunakan untuk tempat sembahyang oleh warga setempat, Pura ini juga sering mendapatkan kunjungan dari umat hindu dari seluruh Indonesia, khususnya pengunjung yang berasal dari Bali dan Bromo.

Ketika anda berwisata di Pantai Pulau Merah, anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk sekedar berkeliling santai dan melihat lihat tempat yang sakral ini.

Kuliner Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”  Pantai Pulau Merah, Destinasi Wisata Favorit Khas “Kuta”

Ketika wisatawan memasuki kawasan Pantai Pulau Merah, mereka akan disuguhkan dengan beragam masakan kuliner khas Banyuwangi seperti rujak soto, rujak bakso, rawon, dan sajian khas lainnya. Hal ini karena lokasi pantai ini dekat dengan pemukiman warga. Kebersihan tempat dan makanan yang disajikan tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Penginapan di Pantai Pulau Merah

Ketika anda berencana ingin menginap dan menghabiskan malam di Pantai Pulau Merah, anda dapat menyewa homestay disekitar pantai yang disediakan oleh warga setempat. Harga sewa nya relatif murah jika dibandingkan dengan penginapan tempat wisata lain, yaitu mulai dari Rp.100.000 per malam.

Anda dapat memilih homestay sesusai dengan fasilitas yang anda inginkan. Fasilitas homestay yang diberikan, seperti kamar tidur, bed, TV, AC dsb tergantung dari harga yang anda inginkan. Selain dapat menikmati keindahan panorama Sunset, anda juga akan bertemu dengan banyak sekali bule yang juga menginap di area Homestay tersebut.

Lokasi Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah terletak di ujung selatan Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Sumber Agung, Kecamatan Pesanggaran. Pantai ini merupakan bagian dari pantai selatan dan masih satu rangkaian dengan Pantai Teluk Ijo, Pantai Sukamade, dan juga Pantai Pancer. Jarak tempuh dari Banyuwangi kota ke lokasi adalah 60KM, atau kurang lebih memakan waktu 3 Jam perjalanan.

Infrastruktur seperti jalan, transportasi umum sangat mendukung. Kondisi jalan sangatlah bagus, yang mana sudah menggunakan aspal hitam.

Rute menuju Pantai Pulau Merah

Transportasi Umum

Apabila anda menggunakan transportasi umum, berikut ini tahap-tahap nya;

  1. Menuju terminal Jajag, Banyuwangi.
  2. Dari terminal Jajag naik bus mini menuju Terminal Pesanggaran (Kec. Pesanggaran)
  3. Dari Terminal Pesanggaran naik Ojek langsung menuju Lokasi Pantai Pulau Merah.

Kendaraan Pribadi

Apabila anda menggunakan kendaraan pribadi, ada dua alternatif jalan yang bisa anda tempuh. Jika anda berangkat dari arah Barat Banyuwangi , maka inilah rutenya.

Kec. Genteng => Kec. Pesanggaran => Pantai Pulau Merah

Jika anda berangkat dari arah Timur Banyuwangi atau berangkat dari Situbondo, inilah rutenya.

Kec. Jajag => Kec. Pesanggaran => Pantai Pulau Merah

Lihat Lokasi Pantai Pulau Merah di Google Map

Leave a Reply