Surga Kecil, Pantai Gili Labak

Tabloidwisata.com – Kota Sumenep Madura memiliki kawasan wisata yang disebut dengan surga kecil karena keindahan panorama alamnya, yaitu pantai Gili Labak. Kawasan wisata ini juga sebenarnya merupakan sebuah pulau yang bernama pulau Gili Labak atau Labek. Tepatnya berada di kawasan Desa Kombang, Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep. Lokasi di pulau khususnya hanya memiliki luas kurang lebih sekitar lima hektar dengan tiga puluh lima kepala keluarga.

Surga Kecil, Pantai Gili Labak

Liburan asik di tempat kreasi Tuhan yang indah

Berlibur ke pantai gili labak akan mendapatkan spot menarik dan juga memberikan pengetahuan, yaitu keindahan dari biota bawah lautnya. Para penghobi snorkeling dan juga diving tentunya akan sangat puas berada di pantai gili labak.

Gugusan terumbu karang menghampar dengan beragam warna dan warninya. Selain itu juga, ikan-ikan di laut akan terlihat dan membuat para wisatawan betah untuk menikmati keindahan panorama alam yang menakjubkan di sana. Keadaan tersebut juga kontras dengan hamparan pasir putihnya yang bersih dan pemandangan lautnya yang biru. Pesona keindahan dari pantai gili lambak ini memang masih asri dan juga terpencil.

Surga Kecil, Pantai Gili Labak  Surga Kecil, Pantai Gili Labak

Akses jalan menuju pantai gili labak

Bisa dimulai dengan melalui kota Surabaya yang melewati jambatan suramadu. Dari sini, para pengunjung yang ingin datang ke pantai gili labak tinggal menuju kabupaten Sumenep yang berada di paling timur dari pulau Madura dengan jarak tempuh sekitar empat hingga lima jam perjalanan. Waktu tempuh tersebut baik oleh kendaraan pribadi maupun menggunakan bis.

Sampai di pesisir Tenggara kabupaten Sumenep, para wisatawan tinggal menggunakan perahu menuju ke pulau gili labak. Beberapa rute lainnya yang dapat digunakan sebagai akses menuju ke pantai gili labak yaitu dari pelabuhan kalianget yang merupakan pelabuhan terbesar di kabupaten Sumenep sehingga sering digunakan sebagai akses jalan menuju pantai dari pulau gili labak.

Selain itu juga dengan melalui desa Lobuk yang berada di kecamatan Bluto. Rute ini merupakan jalan yang paling dekat daripada rute lainnya menuju pantai gili labak. Memiliki sebuah dermaga mini dengan menuju ke pulau gili raja dan gili genting. Di lokasi kecamatan Bluto, tepatnya di pertigaan dari kecamatan tersebut, maka akan ditemukan desa Lobuk di mana terdapat dermaga kecil yang dapat digunakan para wisatawan untuk memesan perahu menuju ke pantai gili labak.

Akses lainnya dapat melalui Tanjung yang berada di Kecamatan Saronggi, kecamatan yang terletak setelah kecamatan Bluto. Di sini juga terdapat dermaga yang menyediakan transportasi berupa perahu kecil menuju ke pantai pulau gili labak.

Kemudian dari desa Kombang yang berada di kecamatan Talango Pulau Poteran. Rute dengan jalur yang hampir sama jika melalui pelabuhan Kalianget. Hanya saja, sebelum ke gili labak, para wisatawan yang naik dari pelabuhan kalianget akan ke pulau Poteran terlebih dulu untuk kemudian ke pantai gili labak.

Lihat Peta Pantai Gili Labak di Google Map.

Leave a Reply