Umbul Ponggok – Tempat Paling Sempurna untuk Foto di Bawah Air

Tabloidwisata.com – Umbul Ponggok sudah sangat terkenal di daerah Klaten dan sekitarnya. Di mana lagi kamu bisa mendapatkan pengalaman snorkeling dan foto di bawah laut dengan tarif murah? Maka tak heran salah satu tempat wisata di jogja ini semakin hari semakin kebanjiran pengunjung. Karena selain untuk anak muda, tempat ini juga cocok bagi semua kalangan, termasuk orang tua dan anak-anak. Tapi tentu saja tetap memperhatikan saran dan peraturan yang berlaku demi keselamatan bersama.

Seperti Apa Umbul Ponggok?

Umbul Ponggok - Tempat Paling Sempurna untuk Foto di Bawah Air

umbul ponggok

Umbul artinya mata air dan Ponggok merupakan sebuah tempat di Yogyakarta. Jadi, tempat ini sebenarnya bukan sebuah pantai atau laut, melainkaan adalah sebuah Tempat wisata berupa mata air tawar yang mengalir terus di daerah bernama Ponggok. Karena itu, jangan takut akan merasakan asinnya air laut ketika menyelam ke dalamnya.

Umbul Ponggok layaknya kolam besar namun dengan sumber air yang tak ada habisnya. Mengalir terus secara alami. Di sekelilingnya pun tak kalah kecenya. Ada pemandangan alam yang masih asri, juga pemandangan alam di bawahnya dengan berbagai macam biota air. Banyak ikan, bebatuan eksotik, juga pasir putih. Tak heran lokasi ini selalu menjadi langganan foto prewedding dan juga foto kreasi lainnya.

Lokasi dan Rute Umbul Ponggok

Umbul Ponggok terletak di  desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Untuk menuju ke Umbul Ponggok, sangat mudah. Bila dari arah Yogya, ikuti saja jalan poros Yogya-Solo. Terus saja hingga mencapai GOR Kalarsena Klaten. Sampai di situ, belok kiri ke arah Polanharjo. Lurus saja, maka akan mendapatkan Markas Koramil. Nah, itu tandanya kamu sudah dekat dengan lokasi wisata ini.

Ada Apa Aja di Umbul Ponggok?

Selain menawarkan jasa snorkeling dan berfoto di bawah air, ada juga beberapa fasilitas penunjang di tempat ini. Ada toilet, tempat mandi, persewaan alat snorkeling, persewaan kamera untuk foto, tempat makan, serta yang tak kalah menarik adalah jasa guide untuk anak kecil. Bagi anak kecil dan juga orang dewasa yang takut snorkeling atau tidak bisa berenang, disediakan jasa untuk menemani bermain air dan berfoto sepuasnya.

Umbul Ponggok - Tempat Paling Sempurna untuk Foto di Bawah Air  Umbul Ponggok - Tempat Paling Sempurna untuk Foto di Bawah Air

foto dengan motor umbul ponggok

Selain itu, bagi yang berani, jangan lewatkan kesempatan snorkeling sambil berselfie ataupun berfoto dengan berbagai konsep. Ada beberapa spot di bawah air yang sudah disiapkan di Umbul Ponggok, sebut saja motor, meja kursi dan payung, juga di antara berbagai macam ikan serta alat terumbu karang yang sangat elok dipandang.

Umbul Ponggok - Tempat Paling Sempurna untuk Foto di Bawah Air  Umbul Ponggok - Tempat Paling Sempurna untuk Foto di Bawah Air  Umbul Ponggok - Tempat Paling Sempurna untuk Foto di Bawah Air

foto bawah air umbul ponggok

Meskipun ada beberapa biota laut dan juga karang namun keberadaanya tak membuat airnya menjadi asin. Semua itu bisa didapatkan di umbul air tawar ini. Bayangkan saja bagaimana kerennya foto bawah air di umbul ponggok.

Jam Buka dan Harga Tiket Umbul Ponggok

Jam buka Umbul Ponggok dari pukul 07.00-17.00. Harga tiketnya masih terjangkau, dan sangat sepadan dengan apa yang ditawarkan tempat ini. Untuk harga tiket masuknya adalah Rp 15.000/orang. Lumayan juga, bukan? Eits, tapi bukan itu saja lho biaya yang harus dikeluarkan. Jika tak memiliki peralatan snorkelling sendiri, kamu bisa menyewanya di sini, Harganya Rp 13.000. juga ada kaki katak seharga Rp 7.000, dan pelampung anak seharga Rp 5.000.

Jika kamu ingin mendapatkan foto yang lebih keren di bawah air, dan tak memiliki kameranya yang powerful, kamu bisa menyewa disini dengan harga Rp 100.000/jam. Cukup mahal, namun itu demi foto kece yang bisa kamu pajang di Instagram. Oh iya, untuk biaya ganti baju ada juga lho, Dikenakan biaya Rp 1.000 dan Rp 2.000 yang termasuk untuk biaya mandi di sini.

Tips Asyik Berwisata Ke Umbul Ponggok

Berbagai persiapan untuk ke tempat ini rasanya tak lengkap jika tidak ditunjang dengan bebrapa tips asyik berikut ini:

  1. Waktu sewa kamera.
    Ini hal yang cukup penting. Kebanyakan pengunjung di sini pasti ingin mengabadikan kenangan dalam bentuk foto kece. Nah, bila ingin menyewa kamera, jangan sampai kehabisan ya. Di sini hanya menerima dua kali penyewaan dalam satu hari, yatu di pagi hari pukul 08.00 hingga 12.00, dan di siang hari setelahnya sampai pukul 16.00. Lalu bila lebih dari dua jam, akan mendapatkan diskon. Asyik, kan?
  1. Ikuti pemandu.
    Jika datang sendiri dan baru kali pertama mencoba untuk snorkeling, jangan sekali-kali sok tahu. Ikutiah pemandu sehingga lebih aman. Pesona bawah air di sini memang mengagumkan, sehingga jika tidak waspada, bisa-bisa terseret ke tempat yang jauh.
  1. Datang pagi atau sore.
    Ingin mendapatkan foto yang paling kece? Datanglah saat pagi hari, mulai dari tempat ini dibuka pukul 07.00 hingga pukul 09.00. Bila sore hari, datanglah pada pukul 15.00-16.00 menjelang tempat tutup. Karena pada saat itulah sinar matahari paling bagus di tempat ini.

Review tentang umbul kece ini diharap bisa menjadi salah satu pelengkap sebelum berkunjung. Diharapkan tetap memelihara kebersihan di dalam air ketika menyelam. Juga, perhatikan selalu keselamatan, terutama bagi anak kecil. Ikuti terus pemandu dan juga peerhatikan tips di atas untuk menikmati tempat wisata alam di Umbul Ponggok ini.

Leave a Reply