Wisata Jawatan Hutan Trembesi, Wonderland di Kota Banyuwangi

Tabloidwisata.comJawatan Benculuk Banyuwangi merupakan sebuah bangunan tua yang dulunya digunakan untuk pengelolaan Transportasi Kereta Api. Namun, saat ini wisata Jawatan sudah beralih fungsi sebagai tempat wisata. Jawatan Benculuk selain difungsikan sebagai tempat wisata juga difungsikan sebagai area resapan air dan penimbun kayu jati yang berkualitas yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi.

Wisata Jawatan Hutan Trembesi, Wonderland di Kota Banyuwangi

Wisata Jawatan

Wisata Jawatan Hutan Rembesi

Tempat ini menawarkan pesona pemandangan yang bagus, sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto maupun background pre-wedding dengan tema “Nature”. Saat yang tepat apabila ingin menikmati semilir angin yang sejuk dan panorama alam Jawatan adalah pada sore hari. Karena pada sore hari sinar matahari yang menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan menjadikan tempat ini tampak menakjubkan. Tak heran jika pada sore hari selalu dipenuhi pengunjung, baik hanya sekedar duduk duduk santai, bersepeda, dan berolahraga.

Wisata Jawatan Hutan Trembesi, Wonderland di Kota Banyuwangi  Wisata Jawatan Hutan Trembesi, Wonderland di Kota Banyuwangi

Jawatan Sore Hari

Selain menawarkan panorama alam, wisata Jawatan juga menawarkan berbagai wahana seperti, memancing, bakar ikan, dan aksi menantang arum jeram. Apabila ingin menikmati wahana ini wisatawan harus membayar biaya tambahan, dan biaya tersebut sangat terjangkau.

Wisata Jawatan Hutan Trembesi, Wonderland di Kota Banyuwangi  Wisata Jawatan Hutan Trembesi, Wonderland di Kota Banyuwangi  Wisata Jawatan Hutan Trembesi, Wonderland di Kota Banyuwangi

Arum Jeram

Beberapa Jenis Tanaman yang dapat dijumpai di Jawatan Benculuk

Ada berbagai varian jenis tanaman yang tumbuh di tempat ini, namun ada beberapa jenis tumbuhan yang populasi nya sudah mulai berkurang. Tanaman tanaman yang dapat di temukan di Jawatan Benculuk antara lain;

  1. Pohon Jati, Pohon jati yang ditanam di Area Jawatan Benculuk adalah saksi sekaligus bukti dari usia tempat wisata ini. Di lokasi wisata, terdapat beberapa jenis pohon jati dengan ukuran yang sangat besar. Dan usia dari pohon pohon ini mencapai puluhan tahun.
  2. Tumbuhan Wesah, Rasa dari buah tanaman Wesah mirip dengan Lengkuas. Tanaman ini juga memiliki khasiat menyembuhkan penyakit lambung.
  3. Jamur Kepong, Jamur jenis ini juga tumbuh di area Jawatan Benculuk. Namun sayang populasi dari tanaman ini sudah mulai jarang karena sudah banyak di cabut oleh beberapa pegawai perhutani. Namun, jika beruntung, Jamur ini masih dapat ditemukan di beberapa tempat di Jawatan.
  4. Tumbuhan Santinet, adalah tanaman yang banyak ditemukan di hutan hutan. Tanaman ini menghasilkan buah berwarna kemerahan.
  5. Salak liar/Salak alas, Buah ini tidak seperti tanaman atau buah salak pada umumnya, melainkan buah yang dihasilkannya sangat masam dan tidak enak untuk dimakan.
  6. Kelengkeng, Selain diambil buahnya, pohon kelengkeng di Jawatan juga berfungsi sebagai penangkal banjir. Pohon kelengkeng dapat menyerap air dengan volume yang sangat besar.

Untuk jenis fauna yang paling banyak di jumpai di Jawatan Benculuk adalah Kalong/Lowo. Kalong merupakan jenis kelelawar dengan makanan utamanya adalah biji-bijiian dan juga serangga. Hewan ini lebih menyukai hidup ditempat tempat sepi yang jauh dari jangkauan tangan manusia. Persinggahan utamanya adalah Goa-goa, dan bahkan tidak sedikit dari hewan ini yang membangun sarang di bangunan bangunan tua di kawasan Jawatan Benculuk.

Fasilitas fasilitas di Wisata Jawatan Benculuk

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola wisata Jawatan Benculuk sangatlah memadai, hal ini dimaksudkan untuk membuat wisatawan yang berkunjung ke tempat ini merasa betah dan nyaman. Fasilitas yang tersedia antara lain;

  • Musholla
  • Toilet
  • Wifi gratis
  • Lapangan Bola
  • Lapangan Tenis
  • Lapangan Voli
  • Lapangan Karate
  • Sejumlah Minimarket
  • Warung kopi
  • Kantin
  • Dan Sungai yang bebas untuk di pancing

Sejarah Wisata Jawatan Benculuk

Wisata Jawatan Benculuk mulai didirikan pada tahun 1951 sampai tahun 1962. Berdasarkan data arsip Perhutani pemerintahan Banyuwangi, luas tempat wisata ini dulunya 5,2 hektar. Dan sampai saat ini luas lahan yang tersisa tinggal 3,8 hektar.

Uniknya, Jawatan Benculuk Banyuwangi adalah satu satu nya tempat yang mempunyai sumber tenaga listrik mandiri. Jadi untuk memenuhi kebutuhan energi listrik tempat wisata ini tidak bergantung pada daerah lainnya. Selain itu Jawatan juga masih menyimpan sebuah kereta tua (Sepur Klutuk) yang dilengkapi dengan teknisi dan juga bengkel nya. Dan kereta tua ini dulunya beroperasi antar kecamatan di Kabupaten Banyuwangi, mulai dari Kalibaru, Genteng, Purwoharjo, Alas Purwo, Srono, Rogojampi, dan Banyuwangi Kota. Di beberapa kecamatan tersebut, rel Sepur Klutuk ini masih bisa dijumpai, namun kebanyakan rel sudah banyak yang hilang, baik tertimbun tanah maupun dikarenakan ulah tangan tangan yang tidak bertanggung jawab.

Tiket Masuk Wisata Jawatan Benculuk

Kabar gembira buat sahabat sahabat Tabloid Wisata, karena sampai artikel ini ditulis, tiket masuk ke Jawatan Benculuk GRATIS.

Lokasi Wisata Jawatan Benculuk

Jawatan terletak di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Kecamatan Cluring, Desa Benculuk. Lokasi Jawatan juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Banyuwangi. Perjalanan dari Banyuwangi Kota menuju tempat ini memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Akses menuju lokasi wisata juga tidak sulit, karena tempat ini berada tidak jauh dari jalan raya, tepatnya 50 km dari jalan raya.

Bagaimana? Tertarik dengan Wisata Jawatan Hutan Rembesi di Banyuwangi ini? Yuk rame rame ajak keluarga dan kerabat untuk seru seruan di sana. Gratis loh!

Lihat Wisata Jawatan di Google Map

Leave a Reply