Pantai Pancer, Berburu Ikan dan “Surfing Training”

Tabloidwisata.comWisata Pantai Pancer Banyuwangi adalah sebuah pantai yang menghadirkan pesona keindahan yang berbeda dengan pantai lain. Pantai ini sangat cocok bagi mereka yang menginginkan suasana pantai yang tenang, damai, jauh dari keramaian. Selain tempatnya yang bersih pantai ini juga menawarkan pemandangan Sunset yang sangat indah, ketika sore hari tiba. Tepat di lokasi pantai terdapat sebuah sungai eksotis yang berujung pada sebuah muara di pantai ini. Asal usul nama Pantai Pancer sendiri diambil dari seorang Nelayan yang bernama Pancer.

Wisata Pantai Pancer Foto

Pantai Pancer

Wisata Pantai Pancer Banyuwangi

Pantai Pancer adalah salah satu pantai penghasil ikan terbesar di Banyuwangi setelah Muncar. Tak heran jika sebagian besar penduduk di pantai ini bermata pencaharian sebagai nelayan sehari harinya. Di lokasi pantai juga terdapat tempat pelelangan ikan yang selalu ramai dengan aktivitas jual beli, terutama pada pagi hari. Pada saat liburan tiba, pantai ini semakin sesak dipenuhi oleh pengunjung yang ingin memburu berbagai jenis macam ikan untuk pesta bakar bakar bersama keluarga dirumah.

Ikan di pantai pancer banyuwangi

Jual Beli Ikan

Di sebelah kiri Pantai Pancer terdapat sebuah gunung penghasil emas yang bernama gunung Tumpang Pitu. Tumpang Pitu dalam bahasa Indonesia berarti “Lapis Tujuh”, dan hal inilah yang melatarbelakangi asal usul nama gunung tersebut. Gunung ini terkenal sebagai gunung penghasil emas, namun pengelolaan tambang emas di gunung tersebut di kelola oleh perusahaan asing, sangat disayangkan. Banyak para pendatang, baik masyarakat asli Banyuwangi maupun pendatang dari seluruh Indonesia yang datang ke gunung tersebut untuk menambang secercah emas yang masih tersisa.

Selain bermain main dan menikmati keindahan pantai, wisatawan juga dapat berlayar ke tengah laut dengan menyewa sebuah perahu layar yang sudah disediakan oleh nelayan setempat. Dan juga bagi mereka yang suka memancing dapat memanfaatkan dermaga untuk memancing ikan di laut.

Pantai Pancer banyuwangi

Panorama Pantai Pancer

Tidak hanya Pulau Merah yang memungkinkan wisatawan untuk melakukan surfing (Berselancar), Pantai Pancer juga mempunyai ombak yang tidak kalah spektakuler. Ombak di Pantai ini cocok baik untuk peselancar pemula maupun yang sudah profesional.

Selain di lengkapi dengan fasilitas berlibur seperti homestay, kendaraan bermotor dan persewaan papan seluncur, di pantai ini tersedia juga “Surfing Training”, yaitu tempat untuk pelatihan berselancar yang di training oleh seorang pengajar profesional dan berpengalaman.

Bulan Mei hingga Oktober adalah saat terbaik untuk berselancar di Pantai Pancer Banyuwangi

Pantai Pancer Banyuwangi pernah mengalami Tsunami pada tahun 1994. Tsunami yang melanda pantai penghasil ikan ini cukup besar sehingga pada saat itu sempat memporak-porandakan bangunan dan rumah rumah milik warga yang dekat dengan pantai. Namun saat ini sudah agak sulit ditemukan bangunan bekas Tsunami karena hampir semua bangunan dan rumah warga sudah mengalami renovasi.

Lokasi Pantai Pancer

Pantai ini terletak di bagian timur pulau jawa, tidak jauh dan satu jalur dengan Pantai Pulau Merah. Pantai ini masih dalam satu rangkaian dengan pantai selatan, tepatnya terletak di Kab. Banyuwangi, Kec. Pesanggaran, Desa Sumberagung. Jadi tidak ada ruginya apabila anda berkunjung ke Pulau Merah menyempatkan juga untuk berkunjung ke pantai Pancer.

Rute Menuju Pantai Pancer

Ada dua rute yang umum di lalui oleh wisatawan yang hendak berkunjung ke pantai ini, yaitu dari arah barat (Jember) dan dari arah timur (Pusat Kota Banyuwangi).

Apabila berangkat dari arah barat (Jember) maka rute yang harus ditempuh adalah;

Jember => Kalibaru => Glenmore => Genteng => Jajag => Pesanggaran => Pantai Pancer

Apabila berangkat dari arah timur (Kota Banyuwangi) maka rute yang harus ditempuh adalah;

Kota Banyuwangi => Rogojampi => Cluring => Jajag => Pesanggaran => Pantai Pancer

Bagaimana sahabat Tabloid Wisata? Tertarik dengan keindahan dan keeksotisan pantai Pancer Banyuwangi? Atau tertarik dengan aktivitas-aktivitasnya? Atau ingin berburu berbagai macam jenis Ikan? Ajak keluarga atau kerabat anda untuk datang kesini. Dijamin hepi deh 🙂

Lihat Lokasi Pantai Pancer Banyuwangi di Google Map

Leave a Reply