Air Terjun Coban Rais Malang Jawa Timur

Tabloidwisata.com – Wisata air terjun Coban Rais menyuguhkan sebuah pemandangan alam yang begitu memakau dan indah dengan suguhan utama berupa air terjun yang masih alami. Hamparan perbukitan yang hijau serta luas dikelilingi dengan semak belukar nampak menambah kesan alami tempat wisata ini. Ditambah lagi dengan suhu udara yang begitu sejuk membuat pengunjungnya merasa nyaman dan betah berlama lama berada di air terjun Coban Rais ini.

air terjun coban rais
@instagram/erisca_july

Ketika matahari terasa panas menyengat sudah pasti banyak pengunjung yang berenang dan basah basahan dibawah guyuran air terjun agar merasakan kesegaran. Rasa lelah dan letih setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh demi menjangkau lokasi air terjun Coban Rais ini akan hilang begitu saja setelah menikmati langsung suguhan panorama alam yang indah dan kesegaran air terjunnya. Anda disarankan untuk berkunjung ke wisata air terjun Coban Rais saat cuaca sedang cerah karena pemandangannya sangat menakjubkan.

coban rais camp
@instagram/coban_rais

Selain sebagai tempat wisata alam, air terjun Coban Rais juga digunakan untuk berkemah karena telah tersedia camping ground yang dapat disewa oleh siapapun dengan prosedur tertentu. Tidak jarang beberapa komunitas melakukan aktivitas kemah di tempat tersebut karena suasananya sangat nyaman. Ditambah lagi tempatnya cukup asyik digunakan untuk aktivitas outbound.

LOKASI DAN RUTE COBAN RAIS

Alamat air terjun Coban Rais berada di Dusun Dresel, Oro Oro Ombo, Batu, Kota Batu, Malang. Lokasinya memang cukup jauh dari jalan utama yang melintasi Desa Oro Oro Ombo, namun anda dapat dengan mudah menemukan lokasinya menggunakan bantuan maps atau GPS. Jika anda berkendara dari Kota Batu, hanya butuh waktu sekitar 1 jam saja menjangkau tempat wisata alam ini. Begitu anda sampai di tempat parkir kendaraan yang tersedia di Coban Rais, maka anda harus menempuh perjalanan sekitar beberapa ratus meter menyusuri jalan setapak dan lembah. Disarankan anda menggunakan sepatu yang nyaman untuk mendaki dan tubuh dalam kondisi yang fit karena trackking kira kira memakan waktu sekitar 40 menit.

Untuk dapat menikmati keindahan wisata Coban Rais tidaklah menguras dompet. Harga tiket masuk Coban Rais hanya 7500 rupiah dan retribusi parkir 2000 rupiah untuk motor serta 5000 rupiah untuk mobil. Nah didekat Coban Rais ada Bukit Bulu yang punya segudang spot berswafoto keren. Untuk bisa masuk ke Bukit Bulu tentunya anda harus membayar tiket masuk lagi sebesar 10000 rupiah dan tambahan retribusi bagi yang membawa kamera sebesar 15000 rupiah. Tiap tiap spot berswafoto yang ada di Bukit Bulu juga mematok harga tiket sebesar 10000 per spot. Maka dari itu dari awal anda harus menyiapkan cukup banyak uang karena jika dijumlahkan tiket masuknya cukup mahal. Bagi anda yang budgetnya pas pasan, mengagumi keindahan air terjun Coban Rais saja mungkin sudah cukup.

GAMBARAN UMUM COBAN RAIS

Legenda air terjun Coban Rais memang tidak banyak diketahui oleh masyarakat sekitar. Kebanyakan dari mereka hanya tahu bahwa air terjun ini dulunya diberi nama dengan air terjun Coban Sabrangan karena sebelum mencapai lokasi air terjun ini harus terlebih dulu menyebrangi 14 sungai dengan arus yang cukup kuat. Seiring berjalannya waktu terdapat salah satu warga desa yang tinggal di sekitar coban atau air terjun bernama Rais. Entah ada angin apa kemudian air terjun ini dikenal dengan nama air terjun Coban Rais terinspirasi dari nama warga desa tersebut. Coban Rais terletak cukup dekat dengan Coban Rondo yang mempunyai cerita legenda lebih familiar dikalangan masyarakat. Anda bisa menemukan dan membaca dengan puas legendanya di internet.

Sebenarnya tidak ada misteri Coban Rais yang membuat para pengunjungnya bergidik ngeri karena memang tempat wisata ini sangat jauh dari sisi mistis meskipun berada di tengah hutan lebat dan masih sangat alami. Justru misteri Coban Rais datang dari letaknya yang cukup tersembunyi dan baru diekspose beberapa bulan terakhir ini seiring dengan maju dan berkembanganya pariwisata di kawasan Batu Malang. Hampir setiap potensi wisata alam yang ada di wilayah Batu mulai diangkat ke ranah publik dan menjadi daya tarik baru bagi wisata Batu Malang sejajar dengan wisata Batu Malang modern lainnya layaknya Batu Night Spectacular, Jatim Park, dan tempat wisata menarik Malang lainnya.

Fasilitas yang tersedia di air terjun Coban Rais sejauh pengamatan kami hanyalah toilet. Untuk warung makan dan fasilitas lainnya masih dalam tahap pengembangan. Untuk itu, bagi anda yang berencana bermain berlama lama di Coban Rais harap membawa perbekalan sendiri ya agar tidak kelaparan. Sebagai penikmat wisata tentunya anda juga harus bisa menjaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar Coban Rais dengan tidak membuang sampah sembarangan dan bahkan sampai merusak alamnya.

DAYA TARIK COBAN RAIS

Wisata air terjun Coban Rais memang sedang booming di sosial media dan tentunya menjadi tempat wisata buruan para wisatawan baik yang berasal dari Malang maupun luar Kota Malang. Tempat ini selain menyuguhkan pemandangan alam yang syahdu tentunya juga menyediakan berbagai macam spot foto keren dan kekinian yang bisa anda jadikan koleksi pribadi atau untuk keperluan diupload ke jejaring sosial media instagram milik anda.

Salah satu spot keren yang bisa anda coba untuk berswafoto adalah Bukit Bulu Coban Rais. Keberadaan bukit bulu ini tentunya menambah daya tarik dari wisata air terjun alami ini. Semakin hari semakin banyak pengunjung yang berdatangan ke Coban Rais baik itu para kawula muda dengan pasangannya masing masing, segerombolan anak muda Malang atau luar Kota Malang, dan beberapa rombongan keluarga dan teman kerja di akhir pekan. Bukit Bulu ini menyuguhkan sebuah spot foto keren lengkap dengan pemandangan indah dari atas bukit yang bisa dibilang cukup romantis.

@instagram/deevitasarii

@instagram/viezo_23
@instagram/fadiyaya__

Bukan hanya Bukit Bulu, di Coban Rais masih terdapat banyak sekali spot foto keren seperti panggung I love you, bukit bunga, hammock, gardu pandang, sepeda gantung, ayunan Coban Rais, dan masih banyak lagi. Untuk anda yang gemar berfoto ala ala negeri dongeng bisa mencoba berswafoto di ayunan Coban Rais. Tentunya spot foto ayunan ini menjadi yang paling banyak digemari oleh pengunjung karena gratis dan instagramable. Sudah banyak foto foto pengunjung air terjun Coban Rais yang mengunggah foto narsis mereka dengan properti ayunan ini.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata di Malang air terjun Coban Rais yang sedang hits di kalangan masyarakat. Untuk destinasi tempat wisata di batu malang lainnya yang ada disekitar Coban Rais bisa anda lihat langsung pada situs web kami. Salah satu tempat wisata sekitar Coban Rais yang patut untuk dikunjungi adalah Coban Putri. Penasaran juga? Tunggu saja ulasannya pada artikel selanjutnya guys!

Leave a Reply