Air Terjun Tancak Kembar, Konon Bisa Bikin Awet Muda

Tabloidwisata.com – Air Terjun Tancak Kembar merupakan salah satu air terjun di Bondowoso yang berada di lereng Gunung Argopuro dan penuh dengan cerita mistis. Menurut masyarakat setempat, barang siapa yang mandi di air terjun ini akan awet muda. Hal itu dikarenakan Dewi Rengganis dulunya pernah mandi di air terjun ini.

Air Terjun Tancak Kembar, Konon Bisa Bikin Awet Muda

Air Terjun Tancak Kembar

Panorama Air Terjun Tancak Kembar yang Manakjubkan

Air terjun ini memiliki ketinggian 1.100 mdpl. Uniknya, debit air yang mengalir di air terjun ini tidak pernah berkurang volume nya, meskipun saat musim kemarau. Air Terjun Tancak Kembar dapat dikatakan masih perawan, karena masih belum banyak terjamah oleh tangan manusia. Mengingat tempat nya yang sedikit terpencil, jarang sekali di temukan bangunan bangunan di kawasan ini. Untuk mencapai lokasi, wisatawan harus berjalan kaki kurang lebih selama 1 jam, dari desa terakhir. Karena akses jalan tidak memungkinkan untuk dilewati kendaraan.

Air Terjun Tancak Kembar, Konon Bisa Bikin Awet Muda  Air Terjun Tancak Kembar, Konon Bisa Bikin Awet Muda

Jalan Setapak

Sesampainya di lokasi, semua rasa lelah akibat perjalanan penuh perjuangan tersebut akan terbayar dengan keindahan air yang mengalir di sela sela tebing dan rimbun nya pohon rimba dari diatas ketinggian, Air Terjun Tancak Kembar.

Air Terjun Tancak Kembar, Konon Bisa Bikin Awet Muda  Air Terjun Tancak Kembar, Konon Bisa Bikin Awet Muda  Air Terjun Tancak Kembar, Konon Bisa Bikin Awet Muda

Panorama Air Terjun Tancak Kembar

Karena keindahan panorama alam yang ditawarkan, Air terjun ini tidak pernah sepi oleh pengunjung, terutama saat hari libur. Meskipun akses jalan yang kurang mendukung dan medan yang cukup menantang, namun antusias wisatawan tak berkurang sedikitpun. Bagi seorang traveller sejati, hal inilah yang mereka cari.

Sejarah / Asal Usul Air Terjun Tancak Kembar

Air Terjun Tancak Kembar dilatar-belakangi oleh kisah Dewi Rengganis, seorang wanita cantik yang merupakan seorang puteri dari Majapahit. Konon, dulunya sang Dewi ini melarikan diri dari kerajaan dikarenakan suatu hal. Dan tempat pelarian yang menjadi pilihan sang Dewi adalah gunung Argopuro. Menurut masyarakat setempat, Dewi ini lah yang menjadi penunggu dari Gunung Argopuro.

Dalam sehari hari nya, Dewi Rengganis mandi di sebuah air terjun yang berada di lereng Gunung Argopuro, yaitu Air Terjun Tancak Kembar. “Tancak” dalam bahasa Indonesia berarti air terjun, jadi Tancak kembar berarti Air terjun kembar. Memang ada dua air terjun yang terletak bersebelahan, dan jarak keduanya hanyalah 20 m.

Karena air terjun ini dulunya sering digunakan sebagai tempat mandi oleh Dewi Rengganis, konon katanya siapapun yang mandi dia Air terjun ini akan terlihat awet muda. Apabila wanita, akan semakin terlihat cantik dan apabila pria akan semakin terlihat tampan.

Lokasi Air Terjun Tancak Kembar

Lokasi wisata air terjun ini berjarak 5 km dari pusat Kota Bondowoso, Tepatnya berada di desa Andungsari, Kecamatan Pakem, Kabupaten Bondowoso.Untuk sampai ke lokasi memang dibutuhkan perjuangan yang ekstra. Akses jalan sempit dan suasana jalanan berada di area persawahan dan hutan yang sangat sepi dari pengendara.

Air Terjun Tancak Kembar, Konon Bisa Bikin Awet Muda  Air Terjun Tancak Kembar, Konon Bisa Bikin Awet Muda  Air Terjun Tancak Kembar, Konon Bisa Bikin Awet Muda  Air Terjun Tancak Kembar, Konon Bisa Bikin Awet Muda

Akses Jalan

Tertarik dengan objek alam yang menantang? Taklukan Air Terjun Tancak Kembar!

Lihat peta Air Terjun Tancak Kembar di Google Map.

Leave a Reply