Air Terjun Grojogan Sewu, Keindahan Alam dan Satwa Unik

Tabloidwisata.comAir Terjun Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah ini dikenal dengan nama “Grojogan Sewu” oleh penduduk sekitar. Namun demikian orang orang luar daerah lebih familiar dengan nama Air Terjun Tawangmangu. Ketinggian Air Terjun ini mencapai 80 meter di atas permukaan air laut, dan merupakan yang tertinggi di kawasan Jateng.

Air Terjun Grojogan Sewu, Keindahan Alam dan Satwa Unik

Untuk sampai ke lokasi wisata, pengunjung harus menaiki anak tangga yang berjumlah kurang lebih 1000 anak tangga. Namun anda tidak perlu khawatir, karena di sepanjang perjalanan pendakian anda akan disuguhi beragam panorama pemandangan yang mempesona, pepohonan dan kicauan burung yang ramai.

Satwa di Air Terjun Grobokan Sewu Tawangmangu

Satwa lain yang juga meramaikan tempat ini adalah kera. Banyak sekali kera di kawasan air terjun Grojogan Sewu. Kera kera ini tergolong jinak, meskipun begitu pengunjung disarankan untuk senantiasa berhati hati, terutama ketika memberi makan kera tersebut. Kera kera ini adalah satwa yang dilindungi pemerintah.

Air Terjun Grojogan Sewu, Keindahan Alam dan Satwa Unik  Air Terjun Grojogan Sewu, Keindahan Alam dan Satwa Unik

Sesampainya di lokasi, selain dapat menikmati dan bermain di bawah luapan air terjun, pengunjung juga dapat menikmati wahana kolam renang yang disediakan oleh pihak pengelola.

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin bermalam juga disediakan beberapa homestay untuk menginap. Harga sewa homestay ini cukup terjangkau, apalagi kalau di isi oleh banyak orang.

Mitos Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Tidak jauh dari lokasi air terjun juga terdapat air terjun lain, tepatnya berada di daerah Banyumas. Air Terjun di Banyumas memiliki mitos yang cukup unik, dimana ketika kita berkunjung kesana bersama pasangan, maka hubungan nya akan bisa jadi langgeng / awet.

Air Terjun Grojogan Sewu, Keindahan Alam dan Satwa Unik  Air Terjun Grojogan Sewu, Keindahan Alam dan Satwa Unik  Air Terjun Grojogan Sewu, Keindahan Alam dan Satwa Unik

Nah, Mitos Grojogan Sewu justru kebalikannya, dimana ketika kita berkunjung kesana disarankan untuk tidak datang bersama pasangan, karena ditakutkan hubungan kita bersama pasangan kita tidak bisa bertahan lama.

Sekali lagi hal tersebut hanyalah mitos belaka, dan tentu belum diketahui secara pasti perihal kebenarannya.

Lokasi / Alamat Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Air terjun ini berada di lereng Gunung Lawu, tepatnya berada di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk sampai ke lokasi wisata dibutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam, apabila berangkat dari pusat kota Solo.

Lihat Peta Air Terjun Tawangmangu di google map.

Leave a Reply