Danau Ranu Merah, Keunikan Air Danau dengan “Khas” Merah nya

Tabloidwisata.comDanau Ranu Merah merupakan salah satu danau yang terletak di Kecamatan Tiris, Probolinggo. Danau ini memiliki keunikan dan eksotisme tersendiri jika di bandingkan dengan danau danau lain yang terdapat di Kota Probolinggo, Jawa Timur. Wisata Danau Ranu Merah masih belum terlalu ramai pengunjung. Hal ini bukan karena Danau nya yang kurang bagus, melainkan masih belum banyak orang yang tau keberadaan wisata ini. Padahal danau ini sangat layak untuk disejajarkan dengan danau danau lain nya.

Danau Ranu Merah, Keunikan Air Danau dengan "Khas" Merah nya

Danau Ranu Merah

Eksotisme Danau Ranu Merah Probolinggo

Air yang berada di dalam danau apabila diperhatikan sekilas seolah tampak merah, walaupun sebenarnya airnya bening apabila sudah diangkat. Warna merah tersebut disebabkan oleh warna elemen yang ada di dalam danau, yang menyebabkan air danau terlihat kemerah merahan. Dan hal inilah yang melatar-belakangi asal usul nama Danau Ranu Merah.

Di sekeliling danau ini terdapat banyak sekali tanaman pinus. Karena banyaknya pepohonan inilah yang membuat suasana di lokasi danau sangat menyejukkan. Apabila dilihat sekilas, suasana danau Ranu Merah mirip dengan danau Ranu Segaran. Namun danau Ranu Merah terkesan lebih alami dan masih “perawan”, alias masih belum banyak terjamah oleh tangan manusia.

Selain dijadikan sebagai tempat wisata, danau ini digunakan sebagai lahan mencari ikan bagi warga setempat untuk keperluan konsumsi sehari hari nya. Juga, tidak sedikit dari warga yang menjual hasil tangkapan nya ke pasar.

Suasana danau sangat mendukung untuk bersantai, terutama saat bersama kekasih maupun nonkrong-nongkrong bareng bersama kerabat.

Tiket Masuk Danau Ranu Merah

Karena wisata ini masih tergolong baru booming, maka tiket masuk nya pun gratis. Selain itu wisatawan yang datang juga tidak dikenakan biaya parkir, karena memang tidak ada lahan khusus untuk parkir.

Jadi jika anda ingin mengunjungi wisata ini, anda dapat memarkirkan kendaraan anda dengan menitipkannya di perumahan warga setempat. Tidak ada biaya pasti dalam menitipkan kendaraan di perumahan warga, anda bebas untuk memberi seikhlasnya.

Kendaraan yang anda titipkan juga akan dijaga dengan baik oleh pemilik rumah tempat anda menitipkan kendaraan.

Lokasi Danau Ranu Merah

Lokasi danau ini tidak jauh dengan danau Ranu Segaran dan juga tidak jauh dari pusat Kota Probolinggo. Danau Ranu merah tepatnya berada di Desa Andungsari, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Bagaimana? Penasaran dengan warna air Danau Ranu Merah yang memiliki eksotisme warna kemerah merahan? Tunggu apa lagi, yuk ajak temen-temen buat seru seruan di wisata ini.

Leave a Reply