Danau Ranu Segaran, Surga Tersembunyi di Probolinggo

Tabloidwisata.comDanau Ranu Segaran Probolinggo merupakan sebuah danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanis. Sebelum menjadi danau, dulunya danau ini adalah bekas sebuah kawah nonaktif. Hingga pada akhirnya kawah tersebut meninggalkan genangan air. Dan genangan air tersebutlah yang kini menjadi sebuah tempat wisata danau yang tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, terutama pada saat hari libur.

Danau Ranu Segaran, Surga Tersembunyi di Probolinggo

Danau Ranu Segaran

Wisata Danau Ranu Segaran Probolinggo

Aktivitas yang umumnya dilakukan ketika berwisata ke danau ini yaitu naik perahu bebek ke tengah danau. Aktivitas ini sangat seru dan menyenangkan, terutama apabila dilakukan bersama kekasih maupun keluarga.

Selain naik perahu ke tengah danau, wisatawan juga datang untuk sekedar duduk duduk dengan ditemani secangkir kopi dan minuman minuman hangat di sebuah warung sambil menikmati suasana danau yang tenang dan panorama sekeliling danau yang bikin mata segar.

Danau Ranu Segaran, Surga Tersembunyi di Probolinggo  Danau Ranu Segaran, Surga Tersembunyi di Probolinggo

Panorama Danau Ranu Segaran

Masyarakat setempat sangatlah ramah. Mereka selalu menyambut setiap wisatawan yang datang dengan baik. Setiap wisatawan haruslah menjaga sopan santun terhadap masyarakat setempat. Dan harus turut serta menjaga kebersihan lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan dan lain lain.

Biaya sewa perahu bebek: Rp. 10.000

Note: Harga tersebut dapat berubah sewaktu waktu.

Tidak jauh dari lokasi danau terdapat sebuah pemandian air panas. Penduduk setempat menyebutnya pemandian air panas Tiris. Di pemandian ini wisatawan dapat berendam untuk melepas lelah setelah beraktivitas maupun berwisata di danau Ranu Segaran. Dengan berendam beberapa menit, biasanya badan akan kembali fresh dan bugar kembali.

Danau Ranu Segaran, Surga Tersembunyi di Probolinggo  Danau Ranu Segaran, Surga Tersembunyi di Probolinggo  Danau Ranu Segaran, Surga Tersembunyi di Probolinggo

Pemandian Air Panas

Air di pemandian air panas Tiris mengandung belerang.  Sehingga air ini berkhasiat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit jika berendam di air panas ini. Jadi jika anda berlibur ke Danau Ranu Segaran, sangat tidak rugi apabila menyempatkan mampir ke pemandian air panas ini.

Fasilitas yang ada di pemandian Tiris sangat memadai, dimana di lokasi pemandian disediakan kamar mandi, tempat penitipan barang, dan juga warung warung kecil yang menjajakan sajian khas penduduk setempat.

Tiket Masuk Danau Ranu Segaran

Tiket masuk ke danau ini sangatlah murah, yaitu hanya Rp. 2.000. Itupun anda sudah dapat menikmati dua wisata sekaligus, yaitu Danau Ranu Segaran dan Pemandian Air Panas. Dengan harga yang begitu bersahabat, anda dapat berkunjung bersama rombongan kerabat maupun keluarga tanpa harus memusingkan harga tiket.

Lokasi Danau Ranu Segaran

Letak Danau ini tidaklah terlalu jauh dari pusat kota Probolinggo. Jarak tempuh danau ini dari Kota probolinggo hanya memakan waktu sekitar 30 menit.

Danau Ranu Segaran terletak di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Pintu masuk ke danau ini bersebalahan dengan Koramil.

Bagaimana? Pengen berwisata ke sebuah tempat yang tenang dan panorama yang menyegarkan? Ajak keluarga atau kerabat anda untuk mengunjungi danau ini.

Lihat Danau Ranu Segaran Probolinggo di Google Map

Leave a Reply