Danau Ronggojalu, Danau dengan Wahana yang Menghibur

Tabloidwisata.comDanau Ronggojalu Probolinggo adalah sebuah wisata danau yang memiliki panorama alam yang sangat indah. Selain sebagai tempat wisata, danau ini juga dimanfaatkan sebagai sumber air bersih yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri penduduk setempat. Kapasitas air di danau ini mencapai 3000 liter setiap harinya.Dan Air yang ada berasal dari sumber mata air murni dari alam.

Danau Ronggojalu Probolinggo Gambar

Danau Ronggojalu

Wisata Danau Ronggojalu Probolinggo yang Menghibur

Karena kualitas air yang sangat bersih dan alami, selain digunakan untuk sarana industri, air di Danau Ronggojalu ini juga dimanfaatkan sebagai pemenuhan kebutuhan air minum dan pengairan persawahan warga setempat.

Selain panorama yang mempesona dan suasana di lokasi yang sangat sejuk, di Danau Ronggojalu Probolinggo juga terdapat berbagai wahana dan berbagai fasilitas yang memadai. Salah satu wahana paling favorit di danau Ronggojalu adalah kolam renang anak anak yang dilengkapi dengan ban pelampung, gazebo untuk duduk duduk santai, dan warung warung yang menjual jajanan khas Probolinggo.

Gazebo danau ronnggojalu

Gazebo

Jadi ketika wisatawan berkunjung ke tempat ini, mereka tidak hanya dapat menikmati panorama danau, melainkan juga bermain main di wahana yang sangat menghibur.

Sejarah / Asal Usul Danau Ronggo Jalu

Danau Ronggojalu Proboliinggo Leces Gambar

Panorama Danau Ronggojalu

Kisah terbentuknya Danau Ronggojalu ini diawali oleh perang saudara antara seseorang yang bernama Ki Ronggo dan saudara kandungnya sendiri, Ki Jalu. Perselisihan tersebut dilatar-belakangi oleh perebutan wilayah. Terjadilah peperangan hebat antara kedua orang tersebut. Ditengah peperangan yang sedang memanas, tiba tiba datang sesosok Kyai sakti. Dan Kyai tersebut bermaksud untuk menghentikan peperangan antara saudara kandung tersebut.

Kyai sakti tersebut berusaha untuk meyakinkan Ki Ronggo dan Ki Jalu dengan berjalan ke tengah lahan kosong dan menancapkan sebatang “lidi”. Kemudian Kyai sakti berkata kepada Ki Ronggo dan Ki Jalu. “Barang siapa dapat mencabut lidi yang ditancapkan nya, maka ialah pemilik lahan kosong tersebut”.

Kesempatan pertama dilakukan oleh Ki Jalu, dimana ia mencoba dengan sekuat tenaga untuk mencabut sebatang lidi yang ditancapkan oleh Kyai sakti. Namun upaya Ki Jalu sia sia, karena ia tak berhasil mencabut sebatang lidi tersebut. Giliran berikutnya dilakukan oleh Ki Ronggo, namun hasil nya juga tetap nihil.

Karena kedua saudara tersebut tidak ada yang mampu untuk mencabut lidi tersebut, Kyai sakti lah yang mencabutnya sendiri. Fenomena aneh tiba tiba terjadi ketika Kyai sakti mencabut lidi yang ditancapkan nya. Tepat setelah lidi dicabut, tiba tiba dari dalam tanah muncul air yang menyembur keluar. Hingga air tersebut menjadi sebuah danau dan sekaligus menenggelamkan Ki Ronggo dan Ki Jalu.

Oleh karena kisah tersebut, dinamakan lah danau ini Danau Ronggojalu.

Terdapat dua buah makam berwarna orange tepat tepat di tepi danau. Makam ini berada di bawah sebuah pohon dan dikelilingi pagar yang sudah agak rusak. Dan oleh warga sekitar kedua makam ini diyakini sebagai makam Ki Ronggo dan Ki Jalu.

Tiket Masuk Danau Ronggojalu Probolinggo

Danau Ronggojalu selalu dipadati pengunjung, terutama pada saat hari libur. Tempat wisata ini sangat diminati karena selain letak nya yang strategis juga harga tiket nya yang sangat ramah.

Harga tiket masuk Danau Ronggojalu hanya Rp. 5.000 / orang.

Note: Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu

Lokasi  Alamat Danau Ronggojalu

Letak danau ini tidak jauh dari pusat Kota Probolinggo, yaitu memakan kurang lebih 30 menit perjalanan apabila berangkat dari Alun Alun Probolinggo. Tepatnya Danau Ronggojalu terletak di Desa Tegalsiwalan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.

Bagiamana? tertarik dengan keindahan Danau Ronggojalu Probolinggo? atau ingin bermain main dengan wahana yang ada? silahkan sempatkan untuk mampir ke wisata ini ketika anda berkunjung ke Probolinggo.

One Response

  1. Nelson De La Osa

Leave a Reply