Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava

Tabloidwisata.comWisata Gunung Kelud Kediri adalah salah satu dari sekian gunung berapi di Jawa Timur yang memiliki panorama keindahan yang sangat menakjubkan. Dan di Jawa Timur, gunung ini menjadi gunung favorit ketiga setelah Bromo dan Semeru. Di sepanjang jalan ketika hendak menuju area puncak juga penuh dengan pemandangan yang membuat wisatawan berhenti sejenak untuk mengambil beberapa gambar. Dengan adanya panorama yang seperti tiada henti hentinya, membuat perjalanan terasa tidak membosankan. Bukit bukit yang berjajar serta tanaman buah nanas dapat di jumpai di kanan kiri jalan.

Selain gunung, setiap wisatawan yang datang juga akan dimanjakan oleh keindahan air terjun, ladang, lembah, kehijauan hutan dan panorama menarik lainnya. Semua objek wisata yang ada masih sangat natural, tidak ada bangunan bangunan yang bersifat merusak dan menghilangkan “nyawa” dari objek wisata tersebut.

Di pinggir pinggir jalan terdapat banyak sekali warung warung kecil yang menjual aneka makanan dan minuman. Untuk pengunjung yang ingin bersantai sambil menikmati berbagai hidangan camilan maupun minuman hangat dapat singgah di warung warung tersebut.

Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava

Gunung Kelud

Sejarah mencatat bahwa Gunung Kelud ini pernah meletus beberapa kali, dan letusan terakhirnya terjadi pada tahun 2014 silam. Letusan tersebut mengakibatkan hilangnya beberapa tempat menarik yang sebelumnya sering menjadi tujuan para wisatawan. Selain itu, di beberapa tempat seperti kawah gunung juga tidak diperbolehkan lagi untuk disinggahi oleh pengunjung, karena area larangan tersebut termasuk dalam area yang dapat membahayakan keselamatan pengunjung.

Kubah Lava Gunung Kelud

Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava  Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava

Kubah Lava

Setiap wisatawan yang berkunjung berkesempatan untuk melihat salah satu objek favorit, yaitu Kubah Lava. Kubah Lava adalah sebuah fenomena alam yang terjadi di pegunungan dimana objek ini mempunyai bentuk layaknya sebuah kubah yang terdapat air di sekelilingnya. Namun pengunjung hanya diperbolehkan untuk melihatnya dari kejauhan karena Kubah tersebut termasuk dalam area yang berbahaya.

Pemandian Air Hangat Gunung

Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava  Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava  Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava

Pemandian Air Hangat

Selain objek objek diatas, di Gunung Kelud Kediri juga terdapat sebuah pemandian air panas. Pemandian ini dapat berguna untuk melepas lelah setelah mendaki gunung atau berjalan jalan menelusuri objek wisata. Tubuh perlahan lahan akan kembali segar setelah direndam beberapa saat di air panas ini.

Jalan Misteri Gunung Kelud 

Terdapat fenomena yang sangat aneh ketika berada di sebuah jalan menuju lokasi Gunung Kelud Kediri, dimana sebuah kendaraan (khususnya mobil) dapat berjalan sendiri meskipun mesin dalam keadaan netral dan keadaan jalan datar (tidak menurun). Belum diketahui secara pasti tentang kebenaran fenomena ini, namun berdasarkan beberapa rumor yang beredar fenomena tersebut benar adanya.

Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava  Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava  Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava  Gunung Kelud, Menilik Bekas Letusan dan Lahar Kubah Lava

Jalan misteri

Lokasi Gunung Kelud

Gunung kelud terletak tidak terlalu jauh dari pusat Kota Kediri, jarak lokasi gunung ke pusat kota Kediri kurang lebih 30 km.Ketika sampai di kaki gunung, para pengendara dapat membawanya naik keatas. Sedangkan untuk pengendara mobil harus memparkirkan kendaraannya tepat di kaki gunung tersebut dan memang sudah disedikan area khusus parkir untuk pengendara mobil.Para pengendara dapat melanjutkan perjalanan menuju puncak dengan berjalan kaki maupun menggunakan jasa ojek. Tukang Ojek yang mangkal di tempat tersebut bersedia mengantarkan baik ketika naik maupun ketika hendak turun.

Rute menuju Lokasi Gunung Kelud Kediri juga tergolong mudah, karena akses jalan sudah menggunakan aspal hitam (hot mixed) yang cukup lebar untuk ukuran sebuah mobil bahkan bus. Selain itu juga terdapat papan penunjuk jalan yang mengarahkan pada lokasi wisata Gunung Kelud. Ketika sampai di gerbang masuk utama menuju lokasi wisata, jalanan sedikit meliak-liuk dan terdapat beberapa tanjakan yang cukup tajam.

Rute Menuju Gunung Kelud

Untuk memudahkan perjalan menuju lokasi Gunung Kelud Kediri, berikut saya uraikan rute yang dapat ditempuh atau di lalui.

Kota Kediri => Wates => Ngancar => Desa Sugihwaras => Lokasi Gunung Kelud

Harga Tiket Masuk Gunung Kelud Kediri

Tiket dapat dibeli di gapura (gerbang Pintu Masuk).

*Harga tiket Hari Senin – Jumat : Rp.5000,
*Harga tiket pada hari Sabtu, Minggu, hari libur : Rp.10.000

Lihat Lokasi Gunung Kelud Kediri di Google Map

Leave a Reply