Kawah Wurung, Bukit Cantik Menawan Nan Sejuk

Tabloidwisata.com – Kawah Wurung Bondowoso merupakan destinasi wisata yang sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru booming akhir akhir ini. Oleh karenanya masih banyak orang maupun traveller yang belum mengenal banyak tentang kawah ini. Kawah Wurung Bondowoso bukanlah wisata gunung berapi dan tidak berisi kawah. Hanya terdapat hamparan tanah dengan rerumputan hijau dan pegunungan kecil seperti bukit yang tingginya mencapai 1.500 mdpl. Sesuai dengan namanya “Wurung”, yang artinya adalah “Tidak jadi”. Jadi Kawah Wurung secara historis berarti kawah yang tidak jadi.

Memang apabila dilihat dengan seksama, disana terdapat sebuah bekas kawah yang berbentuk seperti jurang. Asumsi penduduk setempat lah yang mengatakan bahwa jurang itu dulunya adalah bekas sebuah kawah.

Kawah Wurung Bondowoso Gambar

Kawah Wurung

Kawah Wurung Bondowoso

Meskipun Kawah Wurung Bondowoso hanyalah hamparan rumput dan pegunungan, Namun jangan salah, Tempat wisata ini dipenuhi dengan beragam pemandangan yang indah yang terdapat di segala penjuru. Ketika pertama kali sampai di pintu masuk, wisatawan akan disuguhi panorama perkebunan dan hutan pinus yang sangat rindang. Dan ketika memasuki Desa Curah Macan, udara perlahan perlahan berganti menjadi sejuk.

Akhir akhir ini Kawah Wurung Bondowoso sudah mulai dijadikan sebagai wahana untuk aktivitas latihan paralayang dan Gantole. Selain itu, Kawah Wurung juga sangat bagus apabila digunakan sebagai wahana Off road. Mengingat tempatnya yang luas, dan jalan yang menantang.

Kawah Wurung Jampit Bondowoso

Bukit Kawah Wurung

Bagi pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan bermotor, dapat memarkir kendaraan nya tepat dibawah kaki bukit. Dan apabila tertarik bisa melanjutkan pendakian ke puncak bukit. Pendakian ke puncak bukit membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Jalan menuju puncak cukup tinggi, sehingga aktivitas perjalanan cukup menguras tenaga.

Tidak ada biaya tiket dan biaya apapun dalam mengunjungi tempat wisata ini, oleh karenanya akses jalan sedikit kurang bagus. Hal itu dikarenakan kurangnya pendanaan.

Penginapan di Kawah Wurung Bondowoso

Sangat tidak seru apabila mengunjungi wisata ini tanpa menginap, karena banyak sekali momen yang dapat dinikmati ketika berada disana. Banyak sekali tempat penginipan yang tersedia di dekat lokasi, sehingga wisatawan tidak dipusingkan dengan mencari tempat untuk menginap.

Penginapan siap huni yang dapat digunakan untuk bermalam adalah Jampit Guest House, Catimor Blawan, dan Arabica. Tarif menginap per malam pun juga relatif murah.

Lokasi Kawah Wurung

Selama ini banyak orang yang beranggapan salah mengenai lokasi Kawah Wurung. Banyak dari orang orang beranggapan bahwa kawah ini berlokasi di Banyuwangi, dan ada juga yang beranggapan di Situbondo. Kawah Wurung terletak di Bondowoso, tepatnya di Desa Jampit, Kecamatan Sempol.

Apabila ingin mengunjungi tempat wisata ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, karena tidak tersedia transportasi umum yang beroperasi menuju lokasi wisata.

Lihat Lokasi Kawah Wurung Bondowoso di Google Map

Leave a Reply