Pantai Lombang, Pantai Unik yang Dikelilingi Pohon Cemara Udang

Tabloidwisata.com – Pantai Lombang Sumenep di Madura mulai dikenal pada tahun 2000, yang kala itu banyak turis mancanegara yang turut serta meramaikan pantai ini. Di pantai ini ribuan pengunjung datang setiap harinya. Di Madura, Pantai Lombang adalah satu satunya pantai yang paling sering dikunjungi dan termasuk pantai yang paling favorit bagi masyarakat Madura. Bahkan pernah mencapai 50 ribu pengunjung pada saat musim libur tiba.

Pantai Lombang Sumenep Pasir

Pantai Lombang

Pantai Lombang Sumenep Madura

Pantai Lombang memiliki pasir putih yang menghampar luas sejauh 12 km di sepanjang pantai. Dan pasir putih ini menjadi salah satu permainan favorit para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.  Beberapa di antara mereka menggambar dan menulis di atas pasir, lalu memotret nya. Dan ada juga beberapa dari mereka yang lari kejar-kejaran.

nulis pasir pantai lombang

Nulis di Pasir

Lucu gak guys..? Kamu juga pasti pernah ngalamin kan? 😀

Pantai ini dikelilingi oleh pohon cemara udang dengan tinggi rata rata 4 m. Dan karena posisi nya membungkuk, maka dinamakanlah pohon tersebut cemara udang, karena posisi nya menyerupai udang. Pohon tersebut mengelilingi hampir di seluruh tepi pantai. Dengan adanya pepohonan ini membuat suasana di pantai semakin sejuk dengan semilir angin dan udara yang segar.

Pantai Lombang Madura

Cemara Udang

Pantai Lombang Sumenep memiliki ombak yang tidak begitu besar, sehingga tidak berbahaya untuk berenang maupun aktivitas lain seperti snorkeling.  Apabila ingin berenang, di lokasi pantai sudah disediakan tempat untuk menyewa perlengkapan renang seperti ban pelampung. Sehingga bagi mereka yang tidak dapat berenang tetap dapat berenang untuk sekedar menikmati gemulai ombak.

Sebaiknya menyiapkan dana lebih ketika berkunjung di pantai ini, karena banyak sekali event yang bisa dinikmati selain hanya bermain dan berenang di pantai. Dengan membawa uang saku lebih, pengunjung dapat menginap di homestay di sekitar pantai yang memang disediakan untuk mereka yang ingin menginap dan menikmati indahnya pantai Lombang pada malam hari. Event event yang umum nya di adakan pada malam hari yaitu bakar bakar ikan dan pertunjukan budaya oleh masyarakat setempat.

bakar ikan pantai lombang

Ikan Bakar

Yummy bener nih ikan, mau guys..? 😀

Pantai Lombang memiliki fasilitas  sangat memadai, dimana di lokasi wisata terdapat kamar bilas yang dapat digunakan untuk membilas badan setelah berenang di pantai. Selain itu, para pengunjung juga dapat bersantai di sebuah warung warung untuk menikmati santapan khas penduduk setempat seperti Es Kelapa Muda, Rujak Lontong Madura dll. Semua jajanan yang ada sangat klop dengan suasana pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Lombang

Harga tiket di pantai Lombang Sumenep sangat ramah kantong, yaitu hanya Rp.5000 per orang. Jadi anda tidak perlu cemas masalah biaya apabila berencana datang ke pantai ini beramai ramai bersama keluarga.

Lokasi Pantai Lombang Sumenep

Pantai Lombang terletak di ujung timur Pulau Madura, tepatnya di Desa Lombang, Kec. Batang Batang, Kab. Sumenep, Jawa Timur. Jarak dari pusat kota Sumenep ke pantai ini kurang lebih 30 km.

Rute menuju lokasi pantai juga tidak sulit. Karena selain dapat menggunakan kendaraan pribadi juga dapat menggunakan transportasi umum. Dari Pusat Kota Sumenep dapat langsung menuju Pantai ini dengan naik transportasi umum. Apabila menggunakan kendaraan pribadi dapat langsung menuju ke arah timur laut.

Apabila berangkat dari Surabaya, dapat menyeberang melalui pelabuhan Tanjung Perak menuju pelabuhan Bangkalan. Setelahnya tiba di Bangkalan dapat naik transportasi umum langsung menuju pantai Lombang.

Lihat Lokasi Pantai Lombang Sumenep di Google Map

Leave a Reply