Pantai Sukamade Banyuwangi, Melihat Penangkaran Penyu

Tabloidwisata.comPantai Sukamade merupakan sebuah pantai yang terkenal sebagai tempat penangkaran Penyu. Di pantai ini, wisatawan dapat menyaksikan secara langsung proses penyu penyu yang lucu bertelur. Selain melihat proses berterlur nya penyu, wisatawan juga berkesempatan melihat proses pelepasan tuktik ke laut (Tuktik: anak penyu). Pantai ini pertama kali ditemukan oleh seorang berkebangsaan Belanda, yaitu sekitar tahun 1927.

Pantai Sukamade Banyuwangi

Pantai Sukamade

Penangkaran Penyu di Pantai Sukamade Banyuwangi

Kurang lebih terdapat 4 spesies penyu yang terdapat di sini, antara lain Penyu Hijau (Chelonia Mydas), Penyu Slengkrah (Lepidochelys Olivacea), Penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan Penyu Blimbing (Demochelys Coriaceae). Namun jenis yang paling mudah ditemukan di Pantai Sukamade yaitu Penyu Hijau.

Sudah ribuan tahun Pantai Sukamade menjadi tempat berkembang biaknya penyu. Bahkan penyu yang berasal dari samudera pasifik dan Samudera Hinda pun dapat dijumpai di pantai ini. Namun agak disayangkan, jumlah penyu yang hidup di Sukamade kian menurun. Hal ini diakibatkan banyaknya lampu nelayan di pinggiran pantai.

Penyu sangat tidak menyukai cahaya, oleh karena itu setiap pengunjung yang berkunjung kesini selalu di himbau untuk tidak menyalakan cahaya pada malam hari, terutama ketika berada di kawasan pantai.

melepas penyu di pantai sukamade

Selain dikenal sebagai tempat penangkaran penyu, Pantai Banyuwangi selatan juga dikenal sebagai kawasan hutan lindung, yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Meru Betiri. Pantai ini merupakan kawasan hijau yang di dalamnya terdapat beberapa macam perkebunan seperti perkebunan kopi, perkebunan karet dan perkebunan cokelat.

Pantai Sukamade merupakan bagian dari “Triangle Diamond ”, Triangle Diamond adalah sekumpulan tempat wisata favorit di Banyuwangi. Dimana Triangle Diamond terdiri dari Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Pantai Sukamade.

Lokasi Pantai Sukamade

Pantai Sukamade terletak di Desa Rajegwesi, Kec. Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk menuju pantai ini, wisatawan dapat menggunakan mobil, sepeda motor maupun dengan jalan kaki. Mobil yang mendukung untuk mengarungi pantai ini adalah yang jenis mobil dengan double gardan.

Rute yang harus dilalui:

Kec. Jajag => Kec. Pesanggaran => Desa Rajegwesi => Pantai Sukamade.

Sudah pernah ke pantai ini? Jika belum ayo ajak keluarga atau kerabat untuk berseru seruan di pantai sambil menyaksikan Penyu penyu lucu yang sedang bertelur.

Lihat Pantai Sukamade di Google Map

Leave a Reply