Pantai Watu Ulo, Pantai Bersisik Nan Eksotis

Tabloidwisata.comPantai Watu Ulo adalah salah satu rangkaian dari pantai selatan yang berada di Kota Jember. Pantai ini selalu dipenuhi wisatawan ketika hari libur. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berasal dari luar daerah.

Terdapat sebuah batu yang memanjang tepat dibibir pantai ini. Bentuk dari batu tersebut menyerupai ular, seolah-olah bersisik layaknya replika sebuah ular raksasa. Sosok batu inilah yang membuat Pantai Watu Ulo mempunyai eksotisme tersendiri.

“Deretan pulau pulai kecil ditengah laut dan gunung gunung yang berbaris disepanjang pantai menjadikan pemandangan di Pantai Watu Ulo semakin indah.

Keindahan pantai watu ulo

Pantai Watu Ulo tidak hanya ramai pada siang hari saja, akan tetapi pada malam hari pun pantai ini selalu dipenuhi dengan aktivitas para wisatawan yang bermalam. Karena selain dilengkapi dengan tempat bermain juga disediakan area untuk berkemah. Sehingga para wisatawan yang ingin berlama -lama bersantai dan menikmati suasana pantai Watu Ulo dapat bermalam dengan berbekal sebuah tenda.

Es Kelapa Mudah, Minuman Segar Khas Pantai Watu Ulo

Setelah dirasa lelah menghabiskan waktu bermain dan menikmati keindahan pantai, para pengunjung dapat beristarahat sambil menikmati Es Kelapa Muda Segar yang bisa didapatkan di Rest Area.

Es kelapa muda Watu ulo

Penyajian Es Kelapa ini sangat unik, karena dalam penyajiannya tidak dengan menggunakan gelas ataupun mangkuk, melainkan langsung meminumnya dari dalam kelapa. Sebuah kelapa utuh di iris ujungnya dan menambahkan sedikit gula kedalam kelapa tersebut. Sehingga kesegaran dan aroma air kelapa nya sangat kental.

Asal Usul Nama Pantai Watu Ulo

Nama Pantai Watu Ulo berasal dari bahasa Jawa, yaitu “Watu” yang berarti Batu dan “Ulo” yang berarti Ular. Jadi Pantai Watu Ulo dapat diartikan sebagai Pantai Batu Ular. Dan yang melatar -belakangi penyebutan nama Watu Ulo sendiri tidak lain karena Batu panjang menyerupai bentuk ular di sisi pantai yang menjorok ke laut.

Banyak sekali kisah kisah mistik tentang pantai yang berada di selatan pulau Jawa ini. Cerita ini beredar luas sehingga banyak orang yang meyakini dari kisah mistis tersebut. Sayangnya cerita tersebut terbagi kedalam beberapa versi.

Pantai Watu ulo sisik ular

Ada yang mengatakan bahwa pantai ini dulunya di kuasai oleh Sesosok Ular raksasa yang bernama Nogo Rojo. Nogo Rojo dalam bahasa Indonesia berarti “Raja Naga”. Dan Nogo Rojo tersebut bertarung dengan penduduk setempat karena perebutan wilayah. Nogo rojo pun akhirnya berhasil dikalahkan dan tubuhnya dibelah menjadi tiga. Batu bersisik yang menyerupai ular inilah yang akhirnya dipercaya sebagai potongan dari tubuh Nogo Rojo Yang terbelah.

Di sisi lain ada yang mengkisahkan versi yang berbeda, dimana sosok Nogo Rojo adalah utusan Ajisaka yang hingga saat ini masih ada di pantai tersebut untuk bertapa dengan tubuh yang sudah tidak lengkap, dimana kepala dari Nogo Rojo berada di Banyuwangi sedangkan yang berada di Pantai Watu Ulo adalah bagian badan dan ekornya.

Ritual Larung Sesaji Pantai Watu Ulo

Di Pantai Watu Ulo selalu diadakan kegiatan rutin pada saat hari raya Idul Fitri. Tepatnya Pada tanggal 7 bulan syawal selalu digelar sebuah ritual “Larung Sesaji”. Larung sesaji adalah sebuah ritual melemparkan sesaji ke dalam laut dengan menggunakan sebuah perahu. Larung sesaji ini adalah bentuk dari rasa syukur masyarakat setempat.

Larung Sesaji Watu Ulo

Menjadi keistimewaan tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung pada saat perayaan tersebut. Selain melihat langsung ritual yang dilakukan, mereka juga akan disuguhi berbagai macam hiburan yang menarik dan “hunting” kerajinan tangan khas masyarakat setempat pada keesokan harinya.

Berkeliling di Sekitar Pantai Watu Ulo

Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga dapat sekedar berjalan jalan santai untuk melihat suatu tempat yang unik, yaitu sebuah goa Jepang. Goa ini berada tidak jauh dari pantai, sehingga para wisatawan dapat berjalan kaki dari pantai menuju goa ini. Goa ini adalah peninggalan jepang  yang dibangun pada saat penjajahan puluhan tahun silam.

Goa Jepang Watu ulo

Selain Goa Jepang juga terdapat sebuah goa yang bernama Goa Kelelawar. Letak Goa Kelelawar juga masih se -area dengan pantai Watu Ulo. Di dalam goa ini banyak sekali kelelawar, dan hal tersebutlah yang melatarbelakangi nama goa ini.

Lokasi Pantai Watu Ulo Jember

Watu ulo berada di ujung selatan Kabupaten Jember Jawa Timur, tepatnya di desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu. Jarak Pantai dari pusat kota Jember adalah 40 km. Untuk sampai ke lokasi wisata, dapat ditempuh dari 2 arah, yaitu dari timur (Banyuwangi) dan dari Barat (Lumajang).

Apabila berangkat dari arah timur, rute yang harus ditempuh adalah;

Banyuwangi => Jember => Kec. Ambulu => Desa Sumber rejo => Pantai Watu Ulo

Apabila berangkat dari arah barat, rute yang harus ditempuh adalah;

Lumajang => Kec. Ambulu (Jember) => Desa Sumber rejo => Pantai Watu Ulo

Transportasi Menuju Pantai Watu Ulo

Tidak ada angkutan umum yang menuju langsung ke Lokasi. Satu satunya alternatif untuk bisa sampai ke Pantai ini adalah dengan menggunakan jasa Travel atau kendaraan pribadi.

Lihat Lokasi Pantai Watu Ulo di Google Map

Leave a Reply