Songa Rafting Probolinggo, Menaklukkan Kerasnya Sungai Pakelan

Tabloidwisata.comSonga Rafting Probolinggo merupakan sebuah wisata arum jeram yang dilakukan di sepanjang sungai Pakelan. Sumber air sungai Pakelan berasal dari mata air Gunung Lamongan dan mata air Gunung Argopuro.  Sedangkan untuk lebar sungai bervariasi, mulai dari 5 meter hingga 20 meter. Setiap peserta yang melakukan arum jeram akan melintasi berbagai medan, yang tentunya sangat seru. Dengan derai air sungai yang berliuk-liuk serta bebatuan membuat peserta yang melakukan rafting di sungai ini semakin merasa tertantang.

Songa Rafting Probolinggo Gambar

Songa Rafting Probolinggo – Aneka Jenis Jeram

Jaraknya rute rafting yang harus ditempuh dari awal start hingga mencapai finish kurang lebih 12 km. Waktu tempuh kurang lebih membutuhkan 3,5 jam. Banyak sekali jenis jeram yang harus dilalui ketika melakukan rafting di sungai Pakelan ini, antar lain Pandawa, Welcome, Xtravaganza, Batu Jenggot, KPLA, Hiu, Tripple Ace, The Fly Matador, Rajawali, Long Rapid, Cucak Rowo, dan Good Bye.

Seru, Songa Rafting Probolinggo

Ada satu jeram yang menarik dan cukup unik, yaitu “Jeram Inul”. Sesuai dengan namanya, peserta rafting yang melintasi jeram ini seakan bergoyang goyang karena lintasan yang sedikit terjal. Untuk tingkat kesulitan yang dapat dipilih oleh peserta arum jeram yaitu antara grade II hingga grade III+.

Biaya Songa Rafting Probolinggo

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati wahana arum jeram ini bervariasi. Harga tersebut tergantung dari lokasi dan fasilitas yang diberikan. Jadi dalam berpartisipasi dalam songa rafting ini peserta harus membayar dengan sistem paket. Ada dua jenis paket yang umumnya di tawarkan oleh jasa rafting di wisata ini , yaitu Songa Rafting Pakelan atas dan Songa Rafting Pakelan Bawah.

Pakelan Songa Rafting Probolinggo

Harga Paket untuk Songa Rafting Pakelan Atas

  • 350.000 (untuk wisatawan domestik)
  • 450.000 (untuk wisatawan asing/manca negara)

Harga Paket untuk Songa Rafting Pakelan Bawah

  • 300.000 (untuk wisatawan domestik)
  • 400.000 (untuk wisatawan asing/manca negara)

Penginapan Dekat Songa Rafting Probolinggo

Jika anda berniat ingin menginap, di sekitar lokasi juga terdapat banyak tempat penginapan. Rata rata har penginapan di dekat lokasi wisata ini dibawah Rp.100.000. Dengan harga tersebut, anda sudah mendapatkan fasilitas yang cukup memadai yang diberikan oleh penyedia penginapan. Namun apabila anda menemukan harga diatas Rp.100.000, anda sudah dapat fasilitas yang cukup mewah dari penginapan tersebut.

Lokasi Songa Rafting

Wisata Songa Rafting terletak di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Jarak wisata ini dari pusat Kota Probolinggo juga tidak terlalu jauh. Apabila anda tidak tau medan, anda dapat menggunakan jasa travel. Jasa Travel ini umumnya juga menyediakan paket arum jeram. Namun apabila anda ingin berangkat sendiri juga tidak masalah, karena banyak papan penunjuk jalan yang dapat digunakan sebagai acuan untuk sampai di lokasi. Sedikit hal yang disayangkan yaitu, kondisi jalan kurang baik alias berlobang. Sehingga disarankan anda harus sedikit berhati hati.

Lihat Peta Songa Rafting Probolinggo di Google Map.

Leave a Reply