Wisata Taman Bunga Nusantara

Wisata Taman Bunga Nusantara  – Mau liburan dengan nuansa alam yang menakjubkan ?
Dengan ribuan flora yang indah dari berbagai penjuru dunia?

Taman dengan ribuan jenis bunga ini pastinya sangat cocok untuk menjadi tujuan wisata kamu. Taman Bunga Nusantara adalah salah satu taman terbesar di indonesia. Luasnya sekitar 40 hektar yang terdiri dari beberapa lansekap taman dari berbagai daerah di indonesia dan mancanegara.

Wisata Taman Bunga Nusantara

salah satu sudut di taman bunga nusantara

 Berbagai Taman di Kompleks Taman Bunga Nusantara

Pada area  depan Taman Bunga Nusantara terdapat berbagai macam fasilitas diantaranya kolam yang berukuran lebih besar dengan gemercik air yang terdengar indah, hamparan bunga yang indah, dan beberapa jenis patung yang menghiasi bagian taman tersebut. Tidak jarang bagi yang menyukai bidang fotografi sering memanfaatkan taman yang indah ini untuk berfoto dengan suasana terbuka dan sangat indah.

Taman bunga Nusantara juga menyediakan kendaraan khusus yang bisa membawa kamu mengelilingi taman ini tanpa harus berjalan kaki dengan jarak yang cukup jauh.

Salah satu hal yang unik di taman ini adalah adanya nama khusus dari setiap lansekap taman, diantaranya adalah :

Taman labirin


Taman labirin menjadi salah satu lansekap taman yang unik di Taman Bunga Nusantara, disini kamu bisa melihat design taman yang menyerupai sebuah labirin, yaitu sebuah jalan yang berpetak petak yang disisi kanan dan kirinya terdapat tumbuhan dengan tinggi hingga 2 meter. Lansekap taman ini merupakan salah satu yang paling instagramable. Selain itu kamu juga bisa mengetes daya ingat kamu dengan mengamatinya dari jauh kemudian mencoba untuk melewatinya.

Taman jam

Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara

Taman selanjutnya yang ada di area Taman Bunga Nusantara adalah taman jam. Taman jam ini berbentuk bulat yang dilengkapi  jarum jam. Taman jam ini memiliki berbagai jenis warna bunga yang ada di sekitar taman. Setiap jam taman jam tersebut akan berbunyi dengan sendirinya. Sehingga mirip dengan fungsi jam pada umumnya. Anda bisa sekaligus melihat waktu untuk mengetahui informasi jam berapa pada saat itu. Karena taman jam sesuai dengan jam yang biasanya digunakan.

Taman Perancis

Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara

Taman perancis ini juga terdapat dalam kawasan Taman Bunga Nusantara. Taman Perancis dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai desain taman khas perancis dengan berbagai tumbuhan yang biasa tumbuh di perancis. Desain taman ini dibuat simetris dan di bagian samping terdapat berbagai macam tanaman bunga berwarna indah dan sedap dipandang mata.

Taman mawar

Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara

Lansekap taman lain di Taman Bunga Nusantara adalah Taman Mawar. Berbagai jenis tanaman mawar ada dan tersedia dalam taman ini. Ada mawar yang berwarna merah, putih, dan juga kuning. Semuanya jika mekar secara bersamaan akan terlihat lebih indah.

Taman Bali

Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara

Taman ini merupakan salah satu lansekap taman yang menjadi unggulan di kompleks wisata ini. Ada pura yang mirip yang ada di Pulau Bali. Dengan suasana taman dan ruang terbuka yang indah, taman Bali memikat hati pengunjung untuk berwisata dan sekaligus mengabadikan moment indah di sekitar taman tersebut.

Taman Mediterania

Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara

Taman Mediterania yang ada di taman ini sangat indah. Karena taman mediterania ada pohon yang dibentuk seperti dinosaurus atau hewan jerapah yang sangat indah. Lokasi ini bagus untuk berfoto dan menambah pengetahuan bagi anak-anak tentang tanaman dan bentuk binatang.

Rumah Kaca

Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara

Didalam rumah kaca terdapat berbagai jenis tanaman yang hanya bisa tumbuh di dalam kondisi dan suhu ruangan tertentu. Tanaman ini biasanya berasal dari negara yang memiliki iklim ekstrem sehingga sangat sensitive dengan perubahan iklim. Tetapi terlepas dari hal itu desain bunga di taman kaca sangatlah menakjubkan, tempat ini sering juga digunakan untuk foto Prewedding.

Taman Gaya Jepang

Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara  Wisata Taman Bunga Nusantara

Taman ini memiliki desain khas jepang lengkap dengan unsur utamanya yaitu batu-batuan, kesederhanaan desain, kayu,   gerakan air, dan kolam, kesunyian. Taman ini sangat cocok untuk anda yang sedang berusaha melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.

Display Karpet

Display Karpet adalah suatu taman dengan bentuk seperti karpet. Berbagai macam bunga di taman ini dirancang sedemikian rupa sehingga menyerupai sebuah karpet yang menarik.

Fasilitas di Taman Bunga Nusantara

Tentunya Anda tidak hanya berjalan kaki saja ataupun hanya melihat taman saja. Namun ada beberapa fasilitas yang disediakan dalam taman ini. Fasilitas tersebut diantaranya danau angsa, amphitheater, dan juga mobil wira-wiri yang dapat mengantarkan Anda kemana saja dalam melihat indahnya taman tanpa harus lelah jalan kaki. Anda juga bisa mendengarkan rekaman suara pihak pengelola Taman Bunga Nusantara untuk mengetahui informasi mengenai tempat-tempat yang ada di Taman Bunga Nusantara tersebut.

Harga tiket masuk taman didalamnya

Bagi Anda yang mengunjungi Taman Bunga Nusantara perlu mengetahui harga tiket yang ditawarkan. Bagi setiap orang yang masuk dikenakan biaya sebesar tiga puluh ribu rupiah. Untuk bisa masuk ke Dotto Trains pengunjung membayar biaya empat puluh ribu rupiah, Tiket Garden Tram empet puluh ribu rupiah, tiket wira-wiri sepuluh ribu rupiah, tiket rumah kaca dua ribu rupiah, peta Maze Garden sebesar dua ribu rupiah. Anda dapat menyediakan biaya yang cukup untuk bisa masuk ke seluruh spot yang ada dan sekaligus bersamaan dengan anggota keluarga yang lain.

Lokasi Dan Rute Menuju Wisata Taman Bunga Nusantara

Lokasi Taman Bunga Nusantara berada di wilayah Cianjur Jawa Barat tepatnya di Jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk Sukaresmi Cianjur Jawa Barat. Taman wisata ini berada di kaki Gunung Gede Pangrango.

Untuk menuju ke Wisata Taman Bunga Nusantara kamu bisa melalui rute berikut : 

Dengan Menggunakan Angkutan Umum
Kamu bisa naik angkot jurusan menuju ke cianjur, kemudian turun di pasar cipanas, selanjutnya naik angkot kuning jurusan  cipanas-simpang marwati menuju ke taman bunga nusantara.

Menggunakan Kereta
Jika kamu menggunakan kereta, kamu bisa naik kereta menuju ke stasiun bogor, kemudian naik angkot hijau 03 jurusan Bubulak – Barangsiang menuju ke terminal Baranangsiang (ongkos 5rb) lalu ganti kol/elf mini jurusan cianjur, kamu bisa turun di cipanas (ongkos 25rb) lalu ganti angkot kuning jurusan simpang marwati – cipanas (ongkos 5rb) turun di Taman Bunga Nusantara. Lama Perjalanan dari stasiun Bogor sampai ke Taman Bunga Nusantara sekitar 2 jam,

Menggunakan Pesawat
Dari Bandara Sukarno – Hatta atau Bandara Halim Perdanakusuma menggunakan Damri jurusan Bogor lalu minta turun di Terminal Baranangsiang Bogor. Dilanjutkan dengan naik elf Jurusan Bogor – Cianjur lalu turun di Pasar Cipanas. Dari Cipanas diteruskan dengan naik angkot jurusan Cipanas – Mariwati dan turunlah di Taman Bunga Nusantara.

Dengan Menggunakan Kendaraan Pribadi
Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi , kamu bisa melihat rute lengkapnya dengan google maps berikut,

Hotel Disekitar Taman Bunga Nusantara

Tentunya bagi Anda pengunjung dari luar kota membutuhkan hotel untuk menginap bersama keluarga jika sudah lelah berkeliling taman. Hotel yang ada di sekitar Taman Bunga Nusantara sangat banyak sekali. Adapun beberapa diantaranya adalah:
Tri Puri Meru Hotel ini jaraknya dengan Taman Bunga Nusantara hanya sekiar 2,6 kilometer saja. Sehingga dekat dan mudah untuk dijangkau.
Hotel Surya Indah jaraknya dari taman bunga sekitar 3,8 kilometer saja.
Alam Asri Hotel dan Resort jaraknya dari taman bunga hanya 4 kilometer dan cukup dekat.
Ada pula hotel Cianjur Cipanas Puncak, Mandala Kencana Hotel, Novus Giri Resort dan Spa, dan masih banyak lagi hotel yang dekat dengan Taman Bunga Nusantaralainnya.

Leave a Reply