Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana “Khas” Afrika

Tabloidwisata.comTaman Nasional Baluran adalah sebuah padang rumput yang sangat luas yang di dalam nya terdapat berbagai satwa lindung seperti macan tutul, Anjing hutan, Kijang, Rusa, Burung merak, Sapi, Kerbau, beragam jenis burung dan satwa unik lainnya. Adanya hewan hewan yang berkeliaran di padang rumput Savana menjadikan suasananya mirip seperti di Afrika. Taman Nasional Baluran atau yang disebut juga dengan nama Savana Bekol adalah salah satu Savana yang dimiliki Indonesia.  Dan daerah lain yang juga memiliki Savana adalah Nusa Tenggara Timur.

Meskipun lokasi Taman Nasional Baluran berada di pelosok, wisatawan yang berkunjung tidak pernah sepi. Rata rata 100 wisatawan datang setiap harinya. Jumlah tersebut umumnya meningkat ketika hari libur. Wisatawan diperbolehkan melintas di tengah padang savana ini untuk melihat berbagai aneka satwa yang ada dan menikmati indahnya pemandangan dari berbagai penjuru. Akses jalan yang melintas di tengah padang savana ini berujung di sebuah Pantai yang bernama Pantai Bama.

Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika

Beberapa Tumbuhan yang tumbuh di kawasan Taman Nasional Baluran tergolong cukup unik, yaitu mampu bertahan dengan kehijauan–nya meskipun tanahnya sangat kering. Jenis jenis tumbuhan yang dapat di jumpai di taman Baluran antara lain Widoro buko, Mimba, dan Pilang. Tumbuhan tumbuhan jenis tersebut mampu tumbuh bahkan ditempat yang gersang sekalipun.

Wisata Taman Nasional Baluran Situbondo

Kawasan Taman Nasional Baluran mempunyai iklim yang masih normal, yaitu berkisar antara 27ºC – 30º C. Sedangkan untuk tingkat kelembapan udaranya mencapai 77%. Besarnya tingkat Kelembaban udara tersebut di pengaruhi oleh hembusan angin tenggara.

Di pusat lokasi wisata Taman Nasional Baluran juga telah disediakan tempat khusus bagi mereka yang ingin Camping. Di area camping terdapat fasilitas kamar mandi dan meskipun tempatnya gersang, untuk mendapatkan air bersih tidaklah sulit.

Aktifitas Seru di Savana Bekol

Selain hanya menikmati pemandangan yang ada, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas seru sekaligus menantang seperti Hiking, Trecking, Birdcatching, Wildlife Observation.

Hiking

Hiking adalah sebuah aktivitas mendaki gunung di Taman Nasional Baluran. Dalam Proses mendaki ini pengunjung akan ditemani oleh petugas yang khusus menangani aktivitas tersebut. Dalam perjalanan menuju area pendakian, pengunjung akan menjumpai pemandangan menarik dari sungai Kacip, Sungai dengan air yang sangat jernih.

Trecking

Trecking adalah aktivitas menelusuri dan menjelajahi hutan Baluran melalui jalan setapak. Melalui aktivitas ini pengunjung dapat menikmati warna warni Taman Nasional Baluran dengan flora dan fauna yang beragam. Untuk melakukan aktivitas ini memang ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, yaitu sepatu kets dan peralatan lainnya.

Birdwatching

Kurang lebih terdapat 180 jenis burung yang terdapat di Taman Nasional Baluran. Terdapat sebuah menara yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk melihat burung burung di alam liar. Dan Baluran menjadi tempat observasi burung terbaik di Indonesia.

Hutan Evergreen Baluran

Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika

Hutan Ever Green

Hutan Evergreen adalah sekelumit hutan hijau yang juga merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran. Hutan ini sangat unik, dimana di kawasan tersebut ditumbuhi tumbuh tumbuhan hijau yang tidak pernah kering sepanjang tahun. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat berbagai macam jenis kupu kupu cantik dan ayam hutan.

Pantai Bama Baluran

Setelah melintasi padang savana yang cukup panjang, wisatawan akan menjumpai sebuah pantai yang bernama pantai Bama yang jaraknya kurang lebih 4 km dari padang rumput Baluran. Di pantai tersebut wisatawan dapat menikmati keindahan natural serta wahana menarik di Pantai Bama seperti melihat sunrise, berlayar ke tengah laut dengan menggunakan sebuah perahu, dan juga snorkeling.

Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika

Selain dipenuhi dengan wisatawan yang berlibur, disekeliling pantai ini juga dipenuhi dengan monyet yang berkeliaran. Monyet monyet ini sangat ramah, bahan banyak dari para pengunjung yang secara sengaja bermain main dengan monyet lucu ini.

Benarkah Hutan Baluran Angker?

Selama ini Hutan Baluran terkenal angker, terutama di daerah yang bernama “Curah Tangis”. Namun kebenaran akan hal ini masih belum diketahui secara pasti dan hanya berdasarkan opini orang orang yang pernah sampai ke tempat tersebut saja.

Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika

Curah Tangis Situbondo

Curah Tangis berada di jalur Tengkorak, sebuah kawasan masuk hutan Baluran. Konon kotanya sering ada kejadian kejadian aneh di daerah tersebut yang menyebabkan pengendara jalan mengalami kecelakaan.

Penginapan di Taman Nasional Baluran

Untuk pengunjung yang berencana ingin menghabiskan malam di lokasi, dapat memanfaatkan beberapa homestay yang telah disediakan. Namun perlu diketahui bahwa memang ada 2 destinasi di Taman Nasional Baluran ini, yaitu Padang Savana (Savana Bekol) dan pantai Bama. Aktivitas yang dapat dilakukan di kedua tempat tersebut berbeda, Tentu untuk tempat menginapnya pun dibedakan.

Tempat menginap di Savana Bekol

Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika

Penginapan di Savana Bekol

Jika pengunjung ingin menikmati pemandangan padang rumput, satwa liar, hiking, Trecking dapat menginap di wisnu Savana Bekol.

*Rumah tersedia: 3
*Kapasitas: 25 orang
*Harga permalam: Rp35.000/orang

Tempat menginap di Pantai Bama

Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika  Taman Nasional Baluran, Padang Rumput Savana "Khas" Afrika

Penginapan di Pantai Bama

Jika pengunjung ingin menikmati keindahan pantai, Sailing, snorkeling, pengunjung dapat menginap di wisnu Pantai Bama.

*Rumah tersedia: 5
*Harga permalam: Rp. 75.000/orang
*Kapasitas: 14 orang

Harga Tiket Masuk Taman Nasioinal Baluran

Harga Tiket Masuk Pada Hari Senin – Sabtu

Subjek Harga
Wisatawan domestic Rp. 5.000
Wisatawan asing Rp. 150.000
Kendaraan roda 2 Rp. 5.000
Kendaraan roda 4 Rp. 10.000

Harga tiket masuk Pada Hari Minggu

Subjek Harga
Wisatawan domestic Rp. 7.500
Wisatawan asing Rp. 225.000
Kendaraan roda 2 Rp. 7.500
Kendaraan roda 4 Rp. 15.000

Note: Semua harga diatas dapat berubah sewaktu waktu

Rute Menuju Taman Nasional Baluran

Akses menuju Taman Nasional Baluran sangat mudah, baik bagi pengguna kendaraan bermotor maupun kendaraan roda empat. Taman Nasional Baluran dapat ditempuh melalui arah barat dan timur. Baik berangkat dari arah barat maupun dari arah timur akan melewati jalur Pantura (Jalur pesisir Pantai utara). Apabila berangkat dari arah Surabaya maka rute yang ditempuh adalah,

Surabaya => Pasuruan => Probolinggo => Situbondo => Baluran


Apabila berangkat dari Denpasar, Bali, maka rute yang harus ditempuh adalah,

Denpasar => Banyuwangi => Baluran

Jarak Taman Nasional Baluran ke Surabaya kurang lebih 255 km, dan jarak Baluran dari Pusat Kota Situbondo adalah 60 km. Dan jika berangkat dari Barat maka akan melintasi hutan yang cukup panjang. Namun pemandangan di sepanjang hutan ini sangat indah, sehingga terasa menyenangkan meskipun perjalanan yang ditempuh cukup panjang.

Lokasi dan Peta Taman Nasional Baluran Situbondo

Jarak  Denpasar Ke Taman Nasional Baluran kurang lebih 159 km. Sedangkan jarak Banyuwangi ke Baluran adalah 60 km. Ketika sudah sampai di pintu masuk, pengunjung dapat membeli tiket dan melanjutkan perjalanan sejauh 12 km untuk menuju pusat lokasi wisata.

Taman Nasional Baluran terletak di Kabupaten Situbondo, tepatnya berada di desa Wongsorejo, Kecamatan Banyuputih. Lokasi Baluran memang agak terisolasi dari pusat keramaian, mengingat tempatnya memang sangat terpencil. Jarak Dari jalan raya ke lokasi adalah 12 km.

Lihat Lokasi Taman Nasional Baluran di Google Map

Leave a Reply