Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi

Tabloidwisata.comWisata BJBR Probolinggo atau yang juga dikenal dengan sebutan Mangrove Beejay Bakau Resort adalah sebuah wisata hutan bakau seluas 5 hektar yang terletak di pesisir pantai. BJBR termasuk salah satu destinasi wisata favorit yang terletak di Kota Probolinggo.

Hutan bakau muara kali Banger ini pada mulanya adalah sebuah tempat kumuh yang dipenuhi dengan sampah. Berkat 3 pemuda brilian, tempat ini disulap menjadi sebuah tempat wisata yang eksotis. Apresiasi besar terhadap ketiga sosok tersebut karena telah mengubah sesuatu negatif menjadi sesuatu yang bernilai.

BJBR Probolinggo dibangun pada tahun 2013, dan langsung disambut hangat oleh para wisatawan. Berita tentang keberadaan tempat wisata itu pun tersebar luas dengan sangat cepat. Tidak heran apabila Wisata BJBR Probolinggo selalu dipenuhi wisatawan dari luar daerah.

Objek Wisata BJBR Probolinggo Jadi Sasaran Traveller

Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi

Salah satu sudut jalan di BJBR Probolinggo. Terlihat sangat menarik dan sangat cocok untuk foto.

Objek wisata ini tengah menjadi trending topic di kalangan Traveller. Hal tersebut tidak lain karena desain yang dibuat sangatlah unik, dimana wisatawan dapat berjalan jalan mengelilingi hutan mangrove melalui sebuah jalan buatan yang terbuat dari kayu kelapa. Suasana yang ada membuat pengunjung betah untuk berlama lama ditambah dengan semilir angin yang sangat sejuk. Selain itu juga terdapat bangku bangku kecil disetiap sudut belokan yang dapat digunakan untuk bersantai.

BJBRProbolinggo sangat bagus untuk dijadikan objek Fotografi. Keindahan pohon mangrove yang disertai dengan jalan setapak yang terbuat dari kayu, sangat pas untuk di jadikan latar belakang foto pra-wedding atau sekedar foto selfie bersama dengan pasangan.

Objek objek BJBR Probolinggo yang Sering Buat “Selfie”

Tulisan Warna Warni “BJBR”

Objek ini adalah salah satu objek yang hampir tidak dilewatkan oleh wisatawan ketika berkunjung ke BJBR Probolinggo. Hampir setiap pengunjung “Selfie” dengan berbagai gaya ketika menjumpai Icon dari wisata BJBR ini. Kebanyakan orang mengenal BJBR melalui gambar Icon tersebut, yang tersebar baik melalui internet maupun media sosial.

Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi

Tulisan Warna Warni BJBR. Tulisan ini merupakan salah satu icons tempat wisata ini yang sering digunakan untuk foto.

Gembok Cinta

Selain namanya yang imut, objek ini diyakini mempunyai nilai mistis tersendiri. Dimana ketika seorang pasangan dan memasang kan gembok dengan menuliskan namanya, maka hubungan kedua orang tersebut akan langgeng.

Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi

Gembok Cinta BJBR

Gembok cinta sendiri sebenarnya memiliki sebuah filosofi, kalian tahu kan gembok? pada umumnya setiap satu gembok memiliki satu kunci yang pas. begitupun dengan hati kita yang hanya memiliki satu tempat untuk seseorang yang paling pas dengan kita.

Patung kuda

Tepat di bagian pintu masuk terdapat sebuah patung kuda yang sangat unik, dimana patung tersebut di kenakan pelapis yang terbuat dari kumpulan pipa pipa besi.

Miniatur Kapal Pinisi

Sebuah replika atau patung Kapal Pinisi buatan yang mengingatkan akan sejarah masa lalu. Untuk mereka yang sebelumnya hanya dapat melihat melalui gambar, melalui BJBR Probolinggo ini mereka akan lebih tau wujud dari kapal Pinisi seperti apa, meskipun Kapal tersebut hanya sebuah replica tiruan.

Laut dan Gunung

Wisata BJBR Probolinggo dibangun tepat di tepi sebuah pantai. Jadi, selain mengambil gambar dengan latar belakang pohon bakau, pengunjung juga dapat selfie dengan background laut dan gunung yang cantik.

Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi

Pemandangan Laut dan Gunung

Bola Dunia

Sebuah Patung menyerupai “Globe” melayang disertai dengan semburan air. Patung ini sangat mirip dengan patung bola dunia yang ada di Universal Studio Singapura.  

Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi

Bola Dunia/Globe BJBR

Fasilitas Wisata BJBR Probolinggo Sangat Aman dan Memadai

Dalam berkunjung ke sebuah tempat wisata, hal yang menjadi prioritas utama adalah keamanan. Pengelola BJBR Probolinggo sepertinya cukup sadar akan hal ini. BJBR Probolinggo mempunyai area parkir yang cukup luas, dimana kendaraan bermotor dan mobil ditempatkan terpisah. Dan petugas parkir selalu menjaganya dengan ketat. Selain itu, ketika beberapa bulan yang lalu saya berkunjung kesana, semua pengunjung diperiksa satu persatu ketika hendak memasuki pintu masuk.

Tidak ketinggalan fasilitas-fasilitas lain seperti Musholla, toilet, Café juga disediakan. Setiap pengunjung merasa nyaman dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut. Karena selain dapat beribadah, mereka juga dapat bersantai melepas lelah sambil menikmati camilan dan minuman.

Café Bungalow

Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi  Wisata Mangrove BJBR, Objek Wisata yang laris untuk Fotografi

Cafe Bungalow BJBR

Sebuah kafe mewah yang terdapat di area wisata BJBR Probolinggo. Untuk menginap semalam, setidaknya harus merogoh kocek 750.000. Memang yang membuat mahal bukanlah menu yang ditawarkannya, melainkan suasana pada tempat tersebut.

Tiket Masuk BJBR Probolinggo

Terdapat 3 jenis tiket yang dikenakan kepada wisatawan yang berkunjung ke BJBR Probolinggo.

*Tiket masuk gerbang pelabuhan: Rp.3000,
*Tiket masuk BJBR: Rp.10.000,
*Tiket parkir kendaraan Rp.2.000

Jadi biaya yang harus dikeluarkan kurang lebih Rp.15.000. Dan tidak menutup kemungkinan adanya perubahan harga nantinya.

Harga tiket terbaru ( 25 Feb 2017 ):

hari harga tiket
senin-jumat 15000
sabtu-minggu 30000

catatan:

  1. Untuk kamu yang berasal dari kab probolinggo kamu bisa mendapatkan potongan harga hingga 50% dengan memberikan foto copy KTP.
  2. Harga tiket tersebut berlaku per orang dan untuk semua orang yang berusia lebih dari 3 tahun. untuk yang berusia 2-3 tahun mendapatkan potongan 50% sedangkan 0-1 tahun gratis.

Lokasi dan Peta BJBR Probolinggo

Wisata BJBR terletak di sebelah utara alun alun Kota Probolinggo, tepatnya di pesisir pantai Mayangan. Membutuhkan waktu sekitar 10 menit dari alun alun menuju lokasi, dan akses jalan tidak susah.

Sepengalaman saya berkunjung ke tempat wisata tersebut, banyak warga sekitar yang tidak mengenal nama “BJBR” melainkan mereka lebih mengenal pelabuhan Mayangan. Jadi apabila mengalami kesulitan, sebaiknya menanyakan langsung dimana letak pelabuhan Mayangan dan warga sekitar selalu siap untuk memberikan arahan.

Lihat Lokasi BJBR Probolinggo di Google Map

Tips Berwisata di BJBR Probolinggo

Bjbr memang indah dan cocok sekali dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga , namun sebelum anda memutuskan untuk pergi kesana ada beberapa tips yang dapat bermanfaat :

  1. Harga makanan dan minuman di kawasan ini mungkin lebih tinggi daripada harga di pasaran oleh karena itu sebaiknya kamu bertanya terlebih dahulu sebelum membeli, terlebih lagi sekarang wisatawan sudah tidak diperkenankan membawa makanan dari luar kawasan BJBR.
  2. Suhu di BJBR pada siang hari sangatlah panas, jadi ada baiknya kamu mempersiapkan sunblock.

14 Comments

  1. finaanif
  2. nia
  3. Khafit Luqman
  4. ernia alfian
  5. Vivit
  6. Rayyan
  7. Lina Lusiana
  8. Bella sabiila
  9. shetee12

Leave a Reply