Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman “Khas” Kerajaan

Tabloidwisata.comTirta Gangga adalah sebuah taman wisata yang terletak di Karangasem, Bali. Sebelum menjadi tempat wisata di bali seperti sekarang ini, dulunya tempat ini adalah tempat persinggahan seorang Raja Karangasem. Tirta Gangga di dominasi oleh 3 bangunan utama yang menjadi karakternya, yaitu Kolam, Patung, dan Kebun. Kesemua bangunan tersebut memiliki makna yang tersirat. Taman yang memiliki luas 1,2 hektar ini dibangun memanjang dari barat ke timur di area persawahan.

Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman "Khas" Kerajaan

Taman Tirta Gangga

Taman Wisata Tirta Gangga Karangasem

Kondisi di kawasan wisata Tirta Gangga sangatlah sejuk, hal ini disebabkan karena letaknya yang berada tepat di bawah kaki Gunung Agung, sebuah gunung tertinggi di Bali. Kesejukan dan keasriannya inilah yang membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan betah. Suasana di Tirta Gangga sangatlah pas untuk melepas lelah, baik lelah fisik maupun lelah pikiran yang diakibatkan aktivitas sehari hari yang melelahkan.

Wisata ini tidak hanya dipenuhi oleh masyarakat Bali saja, akan tetapi wisatawan yang berasal dari luar daerah, bahkan tidak sedikit wisatawan asing yang turut andil dalam meramaikan tempat ini.

Dari pertama kali memasuki pintu gerbang utama, wisatawan akan disambut oleh beberapa patung yang seolah olah berbaris layaknya prajurit. Wisatawan dapat berjalan jalan di atas kolam melalui jalan setapak yang terbuat dari batu batu yang disusun berderet menyerupai jembatan. Batu batu yang disusun ini berbentuk segi enam. Selain dapat berjalan mengitari kolam, wisatawan juga dapat berfoto foto baik selfie maupun pre-wedding. Bagian kolam ini memang paling pas untuk berfoto, karena selain view kolam yang natural, patung patung yang ada di dalam kolam juga akan mempercantik background foto dan nampak lebih memiliki berkarakter.

Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman "Khas" Kerajaan  Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman "Khas" Kerajaan

Kolam

Tidak jauh dari kolam Tirta Gangga, terdapat sebuah taman kecil dimana di tempat tersebut ada sebuah menara air setinggi 10 meter. Menara ini berbentuk seperti atap di pura pura, bentuknya berlapis lapis.

Air di Kolam Tirta Gangga berasal dari dalam tanah, bukan air isi ulang seperti pada kolam renang pada umumnya. Menurut penduduk setempat, air ini adalah air suci yang biasa mereka gunakan ketika melakukan upacara adat.

Selain Kolam renang yang berisikan patung patung, wisata Tirta Gangga juga memiliki kolam renang yang memperbolehkan wisatawan untuk berenang disana. Kolam yang dapat digunakan untuk berenang adalah Kolam Air Sanih. Air di kolam Sanih sangat lah jernih, karena juga berasal dari sumber langsung. Area renang untuk anak anak dan orang dewasa sengaja dibedakan, karena kedalaman dari kolam renang ini berbeda beda.

Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman "Khas" Kerajaan  Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman "Khas" Kerajaan  Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman "Khas" Kerajaan

Mandi

Tips: Bawalah handuk dan pakaian ganti apabila berencana ingin berenang di kolam renang Tirta Gangga

Desain desain bangunan di wisata ini masih kental dengan karakter bangunan kerajaan. Material yang digunakan umumnya terbuat dari batu padas.

Ketika sudah puas berkeliling taman dan berenang wisatawan dapat bersantai di restoran yang terletak di sebelah atas. Disana juga terdapat pusat oleh oleh yang menjual berbagai souvenir unik khas Bali.

Sejarah Tirta Gangga Karangasem Bali

Tirta Gangga pada awalnya di bangun oleh Seorang Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung pada tahun 1946. Nama “Tirta Gangga” berasal dari dua suku kata, yaitu Tirta dan Gangga. Tirta berarti air suci, dan Gangga adalah sebuah nama sungai di India. Sesuai dengan namanya, di taman wisata ini memang terdapat sebuah kolam yang berisi air suci di dalamnya.

Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman "Khas" Kerajaan  Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman "Khas" Kerajaan  Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman "Khas" Kerajaan  Tirta Gangga, Air Suci di Sebuah Taman "Khas" Kerajaan

Air Suci

Taman ini sudah mengalami renovasi yang di lakukan oleh pemerintah setempat. Renovasi dilakukan karena sebelumnya taman ini pernah rusak yang disebabkan oleh letusan Gunung Agung. Meskipun sudah mengalami renovasi, Taman ini tidak kehilangan karakter khas nya sebagai bangunan tua peninggalan masa Kerajaan.

Tiket Masuk Tirta Gangga Bali

Tiket Masuk Wisata ini relatif sangat murah, yaitu hanya Rp. 5.000 / orang. Jika anda ingin berenang di kolam renang Tirta Gangga, anda harus membayar lagi Rp. 6.000 /  orang.

Note: Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu

Lokasi / Alamat Tirta Gangga Bali

Tirta Gangga terletak di ujung timur Pulau Bali, tepatnya di Desa Ababi, Kec. Abang, Kab. Karangasem. Jarak wisata Tirta Gangga dari Bandara Internasional Ngurah Rai kurang lebih 75 km dan memakan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Jika anda berangkat dari Bandara, anda dapat langsung menuju wisata ini.

Lihat Tirta Gangga di Google Map

Leave a Reply