Goa Tetes, Barang Siapa Mandi Disini Akan Dimudahkan Jodohnya

Tabloidwisata.comGoa Tetes Pronojiwo Lumajang merupakan sebuah wisata goa yang didalamnya dipenuhi dengan keragaman stalagmit dan stalagtit yang eksotis. Goa ini memiliki warna kuning keemasan. Warna tersebut tercipta karena adanya bebatuan di sekeliling goa yang tercampur dengan belerang.

Goa Tetes, Barang Siapa Mandi Disini Akan Dimudahkan Jodohnya

Secara persis nya, Goa ini berada tepat di bawah sebuah air terjun. Sehingga air yang dibawa oleh arus air terjun pun merembes masuk ke dalam goa. Rembesan tersebut menetes melalui dinding goa,dan hal itulah yang melatar-belakangi asal usul nama Goa Tetes ini.

Wisata Goa Tetes Lumajang yang Eksotis

Meskipun perjalanan menuju lokasi Goa sedikit melelahkan, namun semua itu akan terbayar dengan panorama pemandangan yang ada di sepanjang jalan, sehingga perjalanan pun terasa menyenangkan. Ketika anda menyusuri jalan setapak yang menuju lokasi wisata, anda akan menjumpai panorama tebing, tumbuh tumbuhan, dan lumut yang cantik.

Mitos Goa Tetes Lumajang

Banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat Lumajang, khususnya warga Pronojiwo mengenai Goa Tetes ini. Mitos tersebut tidak lain adalah tentang asmara. Konon katanya barang siapa yang berkunjung dan mandi menggunakan air yang ada di goa ini dapat membuat seseorang tersebut menjadi tampak awet muda.

Goa Tetes, Barang Siapa Mandi Disini Akan Dimudahkan Jodohnya  Goa Tetes, Barang Siapa Mandi Disini Akan Dimudahkan Jodohnya

Selain dapat menjadikan awet muda, dikatakan juga air terjun ini dapat membuat wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut untuk dimudahkan dalam mendapatkan atau menemukan jodoh nya. Bahkan, sebuah hubungan yang kurang harmonis pun akan bisa kembali baik setelah mandi menggunakan air tersebut. Penulis sendiri tidak tau pasti tentang kebenaran mitos tersebut, namun apa salahnya jika anda liburan sambil mandi di tempat ini. Toh airnya juga bersih dan menyegarkan.

Tiket Masuk Goa Tetes Lumajang

Harga tiket masuk ke wisata ini tergolong murah. Berikut ini adalah biaya yang harus dipersiapkan sebelum berkunjung ke Goa Unik di Pronojiwo ini:

  • Biaya Tiket Masuk: Rp. 3.000 / orang
  • Biaya Parkir kendaraan : Rp. 5.000

Dengan biaya yang sangat murah, anda tidak lagi was was dan pusing apabila anda berencana ingin berkunjung bersama rombongan. Dengan biaya yang kurang dari Rp. 10.000 per orang, anda bersama keluarga sudah dapat menyaksikan sekaligus berpetualang di dalam Goa Tetes.

Lokasi Goa Tetes

Goa Tetes terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jika berangkat dari Kota Lumajang, kurang lebih memakan waktu 1 jam perjalanan. Jarak Goa Tetes dari pusat kota Lumajang kurang lebih 50 KM. Apabila anda berniat untuk berkunjung ke wisata ini disarankan menggunakan sepeda motor. Karena, jalan menuju lokasi agak sempit, sehingga sedikit susah untuk di lalui kendaraan roda empat, terutama jika berpapasan dengan sesama mobil.

Rute ke Goa Tetes Lumajang

Secara umum ada dua rute yang dapat anda lalui ketika ingin berkunjung ke tempat wisata ini, yaitu berangkat dari arah Malang dan berangkat dari Arah Lumajang.

Apabila anda berangkat dari arah Malang, maka rute yang harus ditempuh adalah;

Malang => Kec. Dampit => Desa Sidomulyo (Lumajang) => Goa Tetes

Apabila anda berangkat dari arah Lumajang Kota, maka rute yang harus ditempuh adalah;

Lumajang => Kec. Pronojiwo => Desa Sidomulyo => Goa Tetes

Tips berwisata di Goa Tetes Lumajang

Ketika anda berkunjung ke tempat ini, ada beberapa tips yang akan berguna untuk anda. Diantaranya yaitu:

  • Bawalah pakaian ganti
  • Bawalah barang bawaan secukupnya, karena lokasi goa cenderung basah
  • Pastikan jika anda membawa perangkat elektronik, perangkat anda terlindungi dengan baik
  • Gunakanlah sepatu atau sandal gunung, karena tempatnya sedikit licin.
  • Berhati hati lah jika melangkah, berpijaklah pada pijakan yang dialiri air. Karena area yang dialiri air, disitu tidak terdapat lumut sehingga tidak licin.

Lihat Peta Goa Tetes Lumajang di Google Map.

Leave a Reply