Wisata Pemandian Rembangan, Kawasan Puncak yang Menyegarkan

Tabloidwisata.comWisata Rembangan Jember adalah sebuah wisata yang berlokasi di sebuah puncak pegunungan yang menonjolkan agrowisata. Secara garis besar, ada dua objek wisata yang ditawarkan, yaitu pemandian dan pemandangan puncak.

Apabila hanya sekedar ingin menikmati pemandangan puncak, maka tidak perlu membayar untuk tiket masuk. Tiket masuk hanya dikenakan kepada pengunjung yang ingin memasuki area pemandian saja. Namun apabila ingin menikmati wahana dan paket yang disediakan, setiap pengunjung yang datang harus membayar tiket masuk.

Ada satu paket yang menarik yang digencarkan oleh pihak pengelola, yakni paket berkunjung agrowisata Kebun Rayap.

Ketika berada di puncak, hawa dingin dengan suhu hingga mencapai 18 derajat disertai kicauan burung dan pemandangan lembah yang terhampar luas membuat suasana hati merasa tenang dan damai.

Pengunjung pada umumnya menikmati pemandangan yang luar biasa ini dengan duduk duduk santai di warung warung yang ada di pinggir jalan sambil menikmati camilan dan minuman khas penduduk setempat. Melalui warung warung tersebut, pengunjung dapat melihat wajah kota Jember dari ketinggian, sangat indah.

Selain pemandangan cantik kota Jember, dari atas puncak pemandian Rembangan juga terlihat jelas perkebunan, persawahan dan pegunungan pegunungan yang memukau. Wisata Rembangan Jember dikelilingi oleh perkebunan kopi dan perkebunan buah naga. Dan kawasan ini menjadi pemasok terbesar untuk buah Naga di wilayah Jember.

Buah Naga Rembangan

Buah Naga

Selain buah naga dan kopi, Kawasan Rembangan Jember juga penghasil buah durian yang terkenal sangat manis. Apabila sedang musim, buah buahan tersebut dapat di dapat dengan harga yang relatif murah.

Pemandian Wisata Rembangan Jember

Sebenarnya banyak sekali wisata pemandian di Jember yang dapat diagendakan untuk tujuan wisata. Namun Pemandian yang terletak di puncak dan dilengkapi dengan eksotisme pemandangan kehijauan hanyalah Rembangan. Dalam area pemandian terdapat area bermain dan dua unit kolam renang yang diperuntukkan untuk anak anak dan dewasa.

Wisata Pemandian Rembangan

Rembangan dilihat dari atas

Sajiah Khas Wisata Rembangan Jember

Selain penghasil utama buah buahan, wisata Rembangan juga mempunyai makanan dan minuman khas. Pengunjung dapat mencicipi sajian minuman khas murni hasil dari penduduk setempat seperti Teh Jahe Rembangan dan camilan khas seperti Pisang agung keju.

Sekilas Tentang Sejarah Wisata Rembangan Jember

Wisata Rembangan Jember bukanlah wisata yang baru saja dibangun, melainkan sudah berdiri sejak jaman penjajahan belanda. Bangunan tersebut di bangun pada tahun 1937 oleh penjajah belanda bernama Hofstide. Namun ada beberapa bagian bangunan yang di renovasi. Untuk bangunan yang masih asli dan tidak mengalami perubahan yang signifikan adalah pada bagian restoran.

Rembangan Jember Pada Malam Hari

Apabila berkunjung pada malam hari, memberikan kesan tersendiri. Udara yang lebih dingin dari biasanya dan gemerlap Kota Jember seakan berpadu menunjukkan kecantikannya.  Kilauan cahaya yang terpancar dari gedung gedung tinggi dan juga lampu kendaraan yang melintas berhimpitan terlihat sangat jelas. Tak heran jika pengunjung cenderung memilih untuk mengunjungi tempat ini pada malam hari.

Rembangan Jember malam hari

Rembangan Jember malam hari

Momen yang paling cantik yaitu ketika berkunjung pada malam tahun baru. Di lokasi wisata Rembangan Jember selalu penuh diramaikan oleh pengunjung yang ingin menyaksikan pesta pora kembang api yang menyibak merata di kota Jember.

Tarif Hotel Wisata Rembangan Jember

Selain terdapat pemandian dan taman bermain, Wisata Rembangan Jember juga menyediakan penginapan yang disertai dengan restoran dengan harga yang relatif murah. Penginapan tersebut lebih ditujukan untuk wisatawan yang datang dari luar daerah.

Hotel class: Melati

Tarif permalam: Mulai dari Rp. 165.000

Fasilitas – fasilitas yang bisa di dapatkan antara lain;

  • Free Kolam renang + taman bermain
  • Restoran
  • Lapangan Tenis
  • Area bicycling dan Riding Horse
  • Area Camping
  • Aula (Kapasitas: 250 orang)
  • Gazebo
  • Musholla

Rute menuju Wisata Rembangan Jember

Akses jalan menuju Wisata Rembangan Jember juga sangat bagus, dimana aspal jalan sudah menggunakan aspal hitam (Hotmixed). Untuk rute menuju Wisata Rembangan dapat di tempuh melalui dua arah, yaitu dari selatan (Jember Kota) dan dari utara (Bondowoso).

Rute apabila berangkat dari arah Selatan;

Jember Kota => Kec. Baratan => Desa Kemuning => Wisata Rembangan

Rute apabila berangkat dari arah Utara;

Bondowoso => Kec. Arjasa => Desa Kemuning => Wisata Rembangan

Untuk saat ini memang belum ada transportasi umum yang beroperasi menuju lokasi. Satu satu transportasi yang dapat digunakan adalah kendaraan pribadi atau menggunakan jasa travel.

Letak dan Peta Pemandian Rembangan Jember

Wisata rembangan terletak 9km arah utara Kota Jember, tepatnya di desa Kemuning, Kec. Arjasa. Jarak Rembangan ke pusat kota Jember juga tidak terlalu jauh, hanya sekitar 9 km.

Lihat Lokasi Wisata Rembangan Jember di Google Map

Leave a Reply